Cara Mengatasi Panas dalam dengan Cara Alami

0
113
views

befren.com – Panas dalam bisa terjadi karena adanya peradangan di dalam tubuh. Hal ini terjadi misalnya karena infeksi saluran napas atas (ISPA), iritasi tenggorokan, refluks asam lambung, dan lainnya.

Mengenali gejala panas dalam

Untuk mengetahui cara menghilangkan panas dalam dengan cepat, tentu Anda terlebih dahulu harus mengenali gejala yang Anda alami. Pasalnya, panas dalam yang terjadi pada setiap orang mungkin berbeda-beda, tergantung penyakit yang menyebabkannya. Seperti infeksi saluran pernapasan atas,sariawan,haus berlebihan,dan demam.

Beberapa cara yang dapat membantu meredakan panas dalam:

Madu

Madu bisa menjadi obat panas dalam dengan gejala sakit tenggorokan. Disarankan untuk minum madu murni, bukan madu kemasan. Madu kemasan umumnya mengandung gula tambahan yang bisa bikin tenggorokan Anda makin sakit.

Anda juga bisa minum madu dicampur dengan segelas air hangat atau teh. Selain itu untuk masalah bibir kering pecah-pecah, cukup oleskan madu setiap mau tidur. Madu bisa melembapkan dan menghaluskan bibir Anda.

Kumur-kumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam sejak dulu memang dipercaya sebagai obat kumur alami yang memiliki kandungan antiseptik. Karenanya, disebut-sebut dapat membantu menyembuhkan panas dalam, terutama jika mengalami keluhan sariawan dan sakit tenggorokan. Anda bisa menyiapkan secangkir air hangat, lalu tambahkan setengah sendok teh garam. Aduk hingga larut, lalu gunakan untuk berkumur sebanyak dua kali dalam sehari.

Selain dengan air garam, Anda juga bisa berkumur dengan larutan yang mengandung chlorhexidine gluconate untuk mengatasi sakit tenggorokan dan sariawan. Jika mengalami sariawan, gunakan gel yang mengandung asam hialuronat.

Makan sayur dan buah

Obat panas dalam untuk gejala sembelit yang satu ini mudah saja didapatkan. Anda disarankan untuk makan sayuran dan buah berserat. Umumnya sembelit disebabkan karena tubuh kekurangan serat. Serat dibutuhkan usus dan sistem pencernaan lainnya untuk dapat memproses makanan yang Anda makan.

Disarankan untuk makan sayur dan buah dengan warna cerah. Contohnya seperti wortel, terong, buah pepaya, dan jeruk. Sayuran dan buah tersebut mengandung cukup serat untuk membantu melancarkan pencernaan yang sembelit.

Hindari Makanan yang Merangsang Sakit Tenggorokan

Makanan-makanan yang merangsang sakit tenggorokan, seperti makanan panas, makanan berlemak, serta makanan berminyak dan digoreng, bisa memperburuk kondisi panas dalam yang diderita.

Ramuan air jahe, madu dan lemon

Obat panas dalam yang satu ini membutuhkan satu sendok teh masing-masing bubuk jahe dan madu, 1⁄2 gelas air panas, dan 1⁄2 sari lemon yang diperas. Seduh bubuk jahe dengan air hangat, tambahkan jus lemon dan madu, lalu kumur. Madu dan jahe dapat melegakan rasa sakit di tenggorokan karena punya kandungan antibakteri yang ringan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here