Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Tidak Kunjung Sembuh

0
89
views
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Tidak Kunjung Sembuh

befren.com – Hal yang paling menjengkelkan saat hidung kita mulai bermasalah yaitu hidung tersumbat, cara mengatasi hidung tersembut sudah banyak bertebaran di internet, tapi kali ini befren akan mengupas lebih detail lagi tentang bagaimana mengatasi hidung tersembat tersebut.

cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur

kondisi hidung memiliki peran besar dalam tingkat keparahan. Penderita alergi dan penderita flu akan memiliki pengalaman gangguan napas melalui hidung dan tidur saat malam. Konsekuensi dari hidung tersumbat saat tidur adalah mengantuk dan rasa tidak nyaman pada siang hari, mengeluh tidur yang tidak nyenyak, fatique serta gangguan performa kerja.

Faktor risiko hidung tersumbat dan gangguan tidur diantaranya: obesitas, jenis kelamin laki-laki, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, kelainan bentuk kerangka dan jaringan lunak wajah, sumbatan jalan napas atas. Oleh karena itu, gangguan hidung sangat diperhitungkan sebagai faktor penyebab hidung tersumbat dan gangguan tidur menyebabkan seseorang bernapas melalui mulut.

Mengatasi hidung tersumbat saat tidur dengan:

  1. Mandi Air Hangat
  2. Minum Air Hangat
  3. Menggunakan Pelembab Udara
  4. Menggunakan Tambahan Bantal
  5. Menghirup uap dari bawang putih

Cara mengatasi hidung tersumbat di malam hari

Sebenarnya sama dengan cara yang telah disebutkan di atas, tapi befren akan mengupas secara tuntas disini. Banyak orang yang beranggapan bahwa hidung tersumbat disebabkan oleh banyaknya lendir yang menumpuk. Menurut Healthline, penyebab hidung tersumbat adalah pembuluh darah di sinus yang meradang.

Ada beberapa hal yang menyebabkan iritasi tersebut terjadi. Mulai dari virus flu, alergi, hingga infeksi sinus. Apapun penyebabnya, cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini patut untuk dicoba.

Mengatasi hidung tersumbat saat malam hari dengan:

1. Kompres Hangat
2. Hindari Dehidrasi

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab hidung tersumbat sebelah bisa beragam. Sebagai suatu gejala penyakit, ada beberapa penyakit yang dapat menimbulkan hidung tersumbat sebelah atau menyeluruh, sepertiā€

  • Batuk pilek
    Penyebab hidung tersumbat sebelah yang pertama adalah batuk pilek. Keluhan batuk dan pilek sering terjadi karena adanya benda asing seperti kotoran, infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran napas bagian atas, yaitu pada hidung dan tenggorokan. Pada saat pilek, hidung kamu kemungkinan besar bisa tersumbat.
  • Flu
    Flu atau influenza terjadi karena virus menyerang sistem pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Kondisi ini juga memungkinkan hidung tersumbat. Sebenarnya flu juga bisa sembuh sendiri, tapi jika terjadi komplikasi, komplikasi itulah yang dapat membahayakan.
  • Alergi
    Ketika penderita alergi terpapar oleh zat-zat penyebab alergi (alergen), maka tubuh akan bereaksi. Berbagai hal bisa terjadi akibat reaksi alergi. Pada rinitis alergi, terjadi gangguan pada sistem pernapasan, di mana produksi lendir dalam rongga hidung dapat meningkat, yang menimbulkan reaksi bersin-bersin atau pilek. Pada kondisi ini, ada pula kemungkinan hidung menjadi tersumbat.

cara mengatasi hidung tersumbat sebelah dengan:

  1. Perbanyak Minum Cairan. Minum banyak cairan dipercaya dapat meredakan hidung tersumbat. Cairan yang Anda minum berguna mengencerkan lendir dan menjaga tenggorokan Anda tetap lembap. Tidak hanya air putih, Anda bisa minum cairan dalam bentuk minuman hangat, teh, jahe panas, sup ayam, atau minuman buah.
  2. Menghirup Uap Hangat. Menghirup uap hangat juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat sebelah atau menyeluruh. Anda bisa menghirup uap hangat yang dihasilkan dari air yang sudah dimasak sampai mendidih. Hiruplah perlahan dan hati-hati, agar hidung Anda tidak melepuh. Anda juga bisa menikmati uap hangat dengan menggunakan humidifier atau bahkan mandi air hangat. Cara tersebut dipercaya dapat membuat tubuh Anda rileks dan meredakan hidung tersumbat.
  3. Bilas Hidung dengan Air Garam. Metode ini dipercaya dapat melegakan hidung tersumbat dan menghilangkan virus serta bakteri yang berada di dalam hidung. Larutan air garam dapat Anda buat sendiri di rumah, dengan setengah sendok teh garam dan sedikit baking soda yang dilarutkan dalam 1 cangkir air mineral yang sudah dihangatkan. Untuk membuat larutannya, ambil satu sendok teh campuran tersebut, lalu masukkan ke 230 ml air hangat. Isi larutan ini ke dalam suntikan. Kemudian, bersandarlah ke wastafel sambil memiringkan kepala.Tuangkan larutan ini ke salah satu lubang hidung. Biarkan hingga larutan itu mengalir keluar dari lubang hidung lainnya. Selama proses ini, Anda bisa bernapas menggunakan mulut. Gunakan satu atau dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  4. Buang Cairan Hidung (Ingus). Buang cairan hidung atau ingus Anda secara tepat dan teratur, yakni dengan menutup aliran udara dengan jari di salah satu lubang hidung ketika Anda membuang ingus dengan lubang satunya. Jangan meniup hidung dengan tekanan yang terlalu keras, karena akan membawa kuman ke telinga dan menyebabkan telinga sakit.
  5. Tidur Dengan Bantal Ekstra. Tidurlah dengan dua bantal di bawah kepala. Menjaga kepala Anda untuk tetap miring dapat membantu bernapas lebih lega dan meringankan saluran hidung yang tersumbat.

Cara mengatasi hidung tersumbat yang tak kunjung sembuh

  1. Gunakan obat pelega hidung tersumbat
  2. Kompres dengan handuk hangat
  3. Minum cairan elektrolit
  4. Jangan sembarangan konsumsi antibiotik
  5. Menghirup uap hangat
  6. Konsumsi minuman dan makanan hangat
  7. Tubuh butuh pijatan : Anda bisa memijat sendiri bagian dahi dan pipi agar hidung tak lagi tersumbat. Pijatan tersebut akan meningkatkan sirkulasi dan membantu meringankan rasa nyeri akibat lendir yang menyumbat bagian dalam hidung.
  8. Jika masih belum semuh.Terakhir pergi ke dokter

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur pada anak

1. Pastikan Konsumsi Cairan yang Cukup

Dorong anak untuk minum cairan ekstra bebas gula di siang hari sebagai cara mengatasi hidung tersumbat pada anak di malam hari. Menjaga anak-anak tetap terhidrasi dengan baik sangat penting saat mereka sakit.

2. Konsumsi Jahe

Pada saat flu, mengonsumsi air jahe juga dipercaya bisa menghilangkan hidung tersumbat. Caranya kupas kulit jahe dan iris-iris kurang lebih 4 cm, lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, tambahkan gula atau madu

3. Gunakan Minyak Kayu Putih atau Mentol

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak di malam hari ini juga cukup ampuh, yakni dengan mengoleskan minyak kayu putih atau balsem beraroma mentol ke sekitar hidung.

Biasanya setelah mencium aroma yang pedas-pedas, hidung tersumbat akan hilang.

4. Kompres dengan Air Hangat

Siapkan handuk kecil bersih kemudian rendam di air hangat. Peras hingga handuk hanya jadi lembap, bukan basah. Letakkan handuk lembap ini di wajah Si Kecil selama beberapa saat.

Jangan terlalu lama jika tidak ingin anak kehabisan napas. Lakukan beberapa kali hingga hidungnya terbebas dari mampet untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak di malam hari.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here