Cara Mengatasi Ambeien atau Wasir

0
127
views
Cara Mengatasi ambeien atau wasir

befren.com – Ambeien merupakan kondisi meradang atau bengkaknya pembuluh darah vena di sekitar anus. Kondisi ini juga disebut sebagai hemoroid atau lebih umumnya dikalangan masyarakat disebut sebagai wasir.

Biasanya pembengkakan dapat muncul di dalam rektum, yaitu saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus, atau di sekitar anus. Biasanya penyakit ini disebabkan karena mengejan terlalu sering dan dalam waktu yang lama saat buang air besar. Nah, berikut cara agar terhindar dari ambeien atau wasir.

Olahraga teratur

Hampir semua jenis penyakit dapat dicegah dengan rutin berolah raga. Biasakan olahraga setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Pertahankan berat badan ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko ambeien. Sudah obesitas dan jarang olahraga, resiko ambeien akan muncul.

Segera keluarkan bila merasakan dorongan buang air besar

Menunda-nunda buang air besar dapat membuat feses menjadi kering dan sulit dikeluarkan. Alhasil, untuk mengeluarkannya Anda harus mengejan. Mengejan dengan keras akan merusak area anus dan menyebabkan perdarahan.

Batasi konsumsi garam

Seperti makanan pedas atau asam, kafein, dan tentunya alkohol dapat menyebabkan usus teriritasi. Kandungan zatnya yang begitu kuat akan melukai bagian dalam usus dan memengaruhi proses pencernaan.

Batasi konsumsi makanan olahan

Makanan olahan seperti makanan siap saji, makanan kaleng, dan makanan beku umumnya mengandung penyedap dan pengawet yang apabila dikonsumsi dalam jangka Panjang dapat merusak system pencernaan.

Hindari duduk atau berdiri terlalu lama

Saran ini barangkali sudah sering kali Anda dengar. Duduk atau berdiri terlalu lama berarti otot di sekitar panggul tidak terlalu sering bergerak. Lakukan peregangan setiap 1 jam sekali, paling tidak selama 5 menit.

Jaga hidrasi tubuh

Jumlah air yang harus Anda minum ialah sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan.
Missal bagi Anda yang sedikit bergerak dan biasanya hanya duduk di depan layar seharian, kebutuhan akan air mungkin hanya enam gelas perhari; Sedangkan bagi Anda yang aktif bergerak akan membutuhkan delapan sampai sepuluh gelas per hari.

Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi setiap hari
Makanan berserat tinggi dapat Anda temui pada biji-bijian, buah-buahan, maupun sayuran. Berbeda dengan diare yang membutuhkan serat rendah, maka Anda dapat mengonsumsi jagung.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here