Cara Membedakan Sakit Maag dengan Jantung Koroner

0
81
views

befren.com – Sakit maag merupakan gangguan keseimbangan pada lambung karena gangguan asam lambung, makanan, obat-obatan, infeksi bakteri, pembuluh darah makosa lambung dan kerusakan mukosa lambung.

Gejalanya sering kali ditandai dengan sakit perut, mual, muntah, kembung, begah, sendawa, rasa terbakar di ulu hati atau dada dan keluhan lainnya yang bermuara pada area perut bagian atas.

Beberapa gejala seperti sesak di dada ini sering juga terjadi pada seseorang dengan penyakit jantung koroner. Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroentero Hepatologi Hendra Nurjadin, perbedaan gejala sakit mag dan sakit jantung sebetulnya bisa dibedakan.

“Sakit maag, ditandai dengan sakit ulu hati yang terasa perih dan panas. Sementara pada sakit jantung, ulu hati terasa sakit juga tetapi juga dada terasa sesak seolah terasa tertindih, khususnya saat berbaring,” tutur dr. Hendra.

Pada penderita maag juga terjadi mual, muntah, sendawa, sakit menjalar ke punggung. “Sekalipun sesak, hanya sesak napas pendek seperti ngos-ngosan, seolah napasnya terhambat. Hal ini terjadi karena perut terasa begah sehingga napas terasa berat,” ujarnya.

Sementara itu, sakit jantung koroner sering mengalami sakit dada berulang ketika beraktivitas atau juga pada saat berbaring (akan nyaman posisi duduk). Sakitnya juga dapat menjalar ke lengan, pundak, leher, rahang, bahkan punggung. “Kalau terjadi sesak atau sakit di dada, penderita juga keluar keringat karena menahan sakit,” katanya.

Ia juga mengatakan, sesak akibat maag umumnya hanya sesak napas pendek yang tidak diikuti rasa sakit. Sementara sesak napas akibat sakit jantung diiringi rasa sakit di dada.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here