Cara Ampuh dan Sederhana Obati Selangkangan Yang Gatal Karena Jamur

0
554
views
Ilustrasi wanita menggaruk selangkangan yang gatal akibat jamur

R

asa gatal jelas adalah suatu kondisi yang sama sekali tak membuat nyaman dan bisa membuat aktivitas sehari-hari kita menjadi terganggu. Rasa gatal dapat muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk juga pada bagian selangkangan yang bila digaruk saat di tempat umum akan tampak kurang pantas. Gatal di selangkangan akan disertai juga dengan kulit mengelupas dan kemerahan dan bila dibiarkan kemungkinan besar dapat menjadi lecet.

Ilustrasi wanita menggaruk selangkangan yang gatal akibat jamur
Wanita sedang berolahraga

Pria lebih sering mengalami gejala ini daripada wanita. Jika terjadi keluhan gatal pada selangkang ini tentunya anda akan mencari obat atau salep untuk meredakan gejala tersebut. Gatal pada selangkangan bisa menular dan mudah menyebar. Dilansir dari alodokter.com, penularannya bisa terjadi akibat kontak langsung dari kulit ke kulit, seperti penggunaan handuk yang sama. Pengobatan keluhan gatal pada selangkangan disesuaikan dengan penyebabnya. Obat gatal yang ringan terdapat dalam berbagi jenis, mulai dari obat salep, krim, atau bedak antijamur. Kamu bisa membelinya diapotik karena dijual secara bebas. Kamu bisa membeli jenis obat seperti miconazolenaftifineclotrimazoleketoconazole, atauoxiconazole.

 

Cara menggunakan salep atau krim antijamur ini yaitu bersihkan dahulu dan keringkan kulit, lalu oleskan obat 1-2 cm melebihi tepi yang terdampak jamur. Namun perlu diwaspadai, jika menggunakan jenis obat tertentu Kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Kondisi yang Harus Diperhatikan

Meski gatal selangkangan akibat jamur tidak berbahaya, namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda segera menemui dokter, seperti:

  • Gejala tidak membaik dalam waktu dua minggu, bahkan setelah menggunakan krim atau bedak antijamur.
  • Gatal pada selangkangan terjadi secara berulang-ulang.
  • Infeksi tampak makin parah.

Untuk mengetahui lebih lanjut, dokter bisa melakukan pemeriksaan disertai pengambilan sampel kulit di area yang bermasalah

[artikel number=5 tag=”health” ]

Upaya Pencegahan

Menjaga area selangkangan tetap bersih dan kering merupakan salah satu kunci untuk mencegah infeksi jamur. Keringkan dengan seksama setelah Anda mandi. Selain itu beberapa upaya lain meliputi:

  • Memilih Bahan Celana yang Tepat

Celana dalam ataupun celana pendek/panjang yang dikenakan harus dipastikan terbuat dari bahan yang tepat dengan daya serap keringat tinggi. Biasanya yang menyerap keringat dengan mudah itu bakal terasa nyaman digunakan karena keringat akan berkurang dan jumlah jamur pun otomatis menurun. Ketika memilih memakai bahan celana yang berbahan panas, ini justru melembabkan area paha dan selangkangan lebih mudah

  • Mengeringkan Tubuh secara Merata setelah Mandi

Sesudah mandi, jangan lupa untuk menggunakan handuk bersih dengan daya serap air tinggi untuk mengeringkan tubuh secara merata. Keringkan bagian-bagian yang agak privasi sekalipun, seperti area selangkangan. Karena bila tak dibersihkan dan dikeringkan secara seksama, otomatis daerah tersebut akan lebih lembab dari bagian tubuh lainnya. Jika dibiarkan lembab, kuman dan jamur akan secara mudah menginvasi dan menimbulkan rasa gatal.

  • Menggunakan Bedak Antibakteri

Bedak yang mengandung sifat antibakteri adalah yang paling tepat juga bila digunakan sebagai obat gatal. Ini juga akan aman bila diaplikasikan pada area paha dan selangkangan yang sudah parah tingkat kegatalannya. Bedak homeopati atau herbal akan lebih membantu karena sifatnya yang ringan sehingga bakal lebih pas untuk kulit tubuh Anda.

Jenis bedak antibakteri herbal memang diakui lebih efektif dalam menyembuhkan gatal, tapi juga bukan berarti ini akan dapat sembuh secara instan. Tetap memerlukan waktu untuk merasakan keefektifan dari bedak tersebut. Asalkan dipakai secara rutin, terutama setiap setelah mandi, dijamin gatal akan hilang dan memudar secara bertahap.

Referensi
————————————–
Alodokter

 

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here