Benarkah Mempunyai Istri Cerewet Ternyata Baik untuk Kesehatan Suami?

0
285
views
Ilustrasi istri cerewet

Mungkin banyak orang beranggapan bahwa memiliki istri yang cerewet itu sangat tidak nyaman dan tidak jarang ada sebagian orang terpancing emosi. Tapi ingat,istri cerewet bisa membuat kita mempunyai seorang dokter pribadi dalam rumah kita, cerewet dalam hal mengkonsumsi makanan. Para periset menemukan bahwa memiliki istri cerewet bisa membuat suami hidup lebih sehat. Bagaimana bisa?

Dilansir dari Healthline, para periset menggunakan data dari National Social Life, Health, and Aging Project untuk meneliti hubungan jenis kelamin dengan kualitas kesehatan.

1.228 pasangan suami istri (pasutri) telah terlibat dalam penelitian ini. Bagi yang telah menikah lebih dari lima tahun dengan usia responden berkisar 57-85 tahun. Ternyata, akhir penelitian menunjukkan bahwa terdapat 389 responden mengalami diabetes.

Melihat hasil penelitian tersebut fakta mengejutkan dari Dr Hui Liu, profesor sosiologi dari Michigan State University, menemukan bahwa pria yang memiliki istri cerewet justru cenderung terhindar dari penyakit diabetes. Kalaupun mengidap diabetes, ia akan lebih mampu untuk mengendalikannya.

Hal ini disebabkan para istri yang senang mengomel cenderung mengatur perilaku suami agar hidup lebih sehat.

“Apakah suami sudah cukup berolahraga?”, “Apakah anggota keluarga mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula?”, “Sudahkah suami cukup makan sayur dan buah?”, dan sederet pertanyaan lainnya yang menggambarkan perhatian istri terhadap suami.

Hasil penelitian ini tidak berlaku sebaliknya. Para istri akan terhindar dari risiko diabetes bila mereka memang memiliki rumah tangga yang bahagia.

Menurut Dr Hui Liu, ini disebabkan wanita mungkin lebih sensitif terhadap kualitas hubungan asmaranya daripada pria. Jika rumah tangganya baik dan bahagia, hal tersebut akan mendorong wanita untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat dalam keluarga.

Menurut Dr Karen Ruskin, Syd.D., terapis pernikahan dan keluarga dari Sharon, Massachusetts, omelan dari istri sebenarnya belum tentu menjadi tanda ketidakbahagiaan. Bahkan, ucapan atau omelan istri merupakan bukti dari rasa kepeduliannya terhadap suami.

Untuk suami yang terkena diabetes, istri yang cerewet akan lebih mampu mengingatkannya untuk mengendalikan kadar gula darah. Ini menandakan bahwa para istri melakukan pantauan yang lebih baik terhadap kesehatan suami.

Walaupun omelan istri bisa membuat suami menjadi lebih sehat, bukan berarti para istri bisa semena-mena memarahi suami tanpa sebab. Omelan yang tidak berdasar dapat menjadi hal yang sangat mengganggu hingga memancing permusuhan dan tekanan emosional.

Tentunya, Anda harus bisa membedakan mana omelan yang memiliki tujuan yang baik dan mana omelan yang sekadar melampiaskan emosi.

Untuk para istri, cobalah menyampaikan kemauan dengan cara yang lebih lembut. Bila memang harus dengan omelan, sampaikan pula maksud dan tujuan Anda agar tidak menimbulkan salah paham. Tekankan bahwa apa yang Anda lakukan hanyalah untuk kebaikan dan kesehatan suami maupun keluarga.

Sebaliknya, untuk para suami, ajak istri untuk berdiskusi dengan baik. Jangan buru-buru melabeli “istri cerewet” sebelum tahu pasti alasan mengapa istri mengomel. Jangan lupa untuk berterima kasih saat istri memperhatikan kesehatan Anda meski lewat omelan.

Sumber hello sehat
Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here