Bahaya Miom dan Gejalanya

0
174
views

befren.com – Sampai sekarang penyebab terjadinya miom masih belum diketahui. Kondisi ini sering dikaitkan dengan hormon estrogen (hormon reproduksi yang dihasilkan oleh ovarium).

Kemunculan miom biasanya pada usia sekitar 16-50 tahun, saat kadar estrogen dalam diri wanita sedang tinggi-tingginya. Setelah mengalami menopause, miom akan menyusut karena penurunan kadar estrogen. Satu dari tiga wanita memiliki miom pada usia yang sama, yaitu di antara usia 30-50 tahun.

Sel otot rahim yang mulai tumbuh secara abnormal itulah yang disebut miom. Pertumbuhan inilah yang akhirnya membentuk tumor jinak. Miom biasanya memiliki gejala mengalami sembelit alias susah buang air besar, masa menstruasi lebih panjang dari biasanya, rasa tidak nyaman, bahkan sakit, saat berhubungan seksual dan lain sebagainya.
Selain itu, faktor keturunan juga berperan dalam kasus miom. Wanita yang ibu atau saudara perempuannya pernah mengalami miom, akan cenderung mengalami miom juga. Mengetahui gejala miom adalah langkah awal untuk mencegah komplikasi penyakit ini.

Silahkan Komentar
Berita sebelumyaJodoh di Depan Rumah #15
Berita berikutnyaTabir Cinta #03
Dalam hidup, setiap masalah adalah pelajaran berharga. Setiap cobaan yg datang adalah proses pendewasaan diri
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here