Bagaimana Cara Mencegah Komplikasi Diabetes?

0
134
views

befren.com – Komplikasi adalah sebuah penyakit yang biasanya merupakan efek dari penyakit tertentu, terlalu banyaknya mengonsumsi obat-obatan kimia atau tindakan medis. Contoh penyakit komplikasi misalnya, penyakit diabetes bisa menimbulkan komplikasi pada jantung, ginjal dan mata.

Perlu diketahui bahwa obat-obatan yang mengandung bahan kimia sifatnya hanya menekan gejala dan tidak benar-benar menyembuhkan suatu penyakit, akan tetapi justru penggunaan obat kimia lah yang akan menimbulkan penyakit tambahan.

Penyebab Penyakit Komplikasi

  • Daya tahan tubuh yang rendah.
  • Adanya penyakit yang menjalar ke seluruh tubuh.
  • Ketidakmampuan pembuluh darah dalam menetralisir semua penyakit.

Agar komplikasi diabetes tidak terjadi, ada beberapa cara untuk mencegahnya.

Mencegah komplikasi diabetes

  • Konsumsi obat atas saran dokter

Ketika sudah didiagnosa menderita diabetes. Sudah seharusnya konsultasikan ke dokter mengenai obat apa yang tepat untuk dikonsumsi dalam mengatasi lonjakan kadar gula dalam darah dan risiko lainnya akibat diabetes.

  • Mengatur pola makan

Diabetes adalah penyakit yang sangat dipengaruhi oleh pola makan seseorang. Sering mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa tinggi dibarengi dengan sikap hidup pasif dapat berujung pada diabetes.

Untuk itu, hindari makanan dan minuman manis seperti permen, kue, dan minuman bersoda. Begitu juga dengan sumber karbohidrat seperti nasi putih dan roti putih.

Selain itu, penderita diabetes sebaiknya juga menghindari asupan yang mengandung lemak tersaturasi. Contohnya: goreng-gorengan dan makanan cepat saji.

Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti beras merah, oatmeal, dan roti gandum. Anda juga dapat menambahkan tepung kelapa ke dalam asupan harian, seperti nasi atau oat.

Tepung kelapa memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah karbohidrat, dan bebas gluten. Karena kandungan seratnya tinggi, tepung kelapa tidak mudah meningkatkan kadar gula darah.

  • Olahraga secara teratur

Olahraga memang dianjurkan untuk semua orang, termasuk penderita diabetes. Bukan hanya menyehatkan, olahraga juga menjaga tubuh tetap ideal dan menurunkan berat badan. Sebaiknya, penderita diabetes melakukan olahraga minimal lima kali seminggu dengan durasi setidaknya 30 menit.

Olahraga yang dianjurkan untuk penderita diabetes antara lain berjalan, berenang, dan aerobik. Jenis olahraga ini juga baik untuk kesehatan jantung penderita diabetes.

  • Rutin periksa ke dokter

Memeriksakan diri ke dokter secara rutin merupakan salah satu kunci untuk mencegah komplikasi diabetes. Tindakan ini dapat dilakukan dengan rutin mengunjungi dokter untuk memantau kadar gula darah, dan minum obat atau insulin sesuai dengan anjuran yang diberikan.

Biasanya, dokter akan memeriksa mata, saraf, dan jantung penderita diabetes. Pada organ mata, penderita diabetes dapat mengalami komplikasi terjadi diabetes retinopati, katarak, dan glaukoma yang dapat berujung pada kebutaan.

Pada saraf, penderita dapat mengalami neuropati, yakni kerusakan pada sistem saraf yang menyebabkan perasaan lemah dan mati rasa. Kondisi ini biasa terjadi pada tangan dan kaki. Penderita pun dapat mengalami luka yang tidak disadari sehingga tidak diobati dan mengalami infeksi.

Organ jantung juga tidak luput dari pemeriksaan dokter karena menjadi komplikasi diabetes yang mematikan. Hampir 75-85 persen penderita diabetes meninggal akibat penyakit jantung atau stroke. Penderita diabetes bahkan memiliki risiko 2-3 kali lebih besar mengalami penyakit jantung dibandingkan orang tanpa diabetes.

  • Edukasi

Penderita diabetes sudah seharusnya paham akan seluk beluk, sebab akibat dan segala sesuatu tentang penyakit diabetes. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan akan penyakit yang diderita. Apa saja yang boleh dan tidak dilakukan, bagaimana penanganan yang tepat, mencari informasi berkaitan dengan diabetes dan lain sebagainya.

Dengan menjalani hidup sehat dan pola makan seimbang, komplikasi diabetes melitus dapat dihindari. Anda dapat meminta bantuan pasangan atau keluarga untuk bersama menerapkan gaya hidup sehat secara konsisten.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here