Apakah Deodoran Dapat Menyebabkan Ketiak Menjadi Hitam?

0
136
views

befren.com – Deodoran digunakan di area ketiak untuk mencegah keringat berlebih atau bau tidak sedap. Di balik manfaatnya, deodoran sering dianggap sebagai biang keladi terjadinya ketiak hitam.

Pada kasus ketiak hitam akibat deodoran, kondisi ini umumnya bukan perkara yang serius. Namun, keluhan tersebut sering dianggap mengganggu penampilan hingga menurunkan rasa percaya diri.

Deodoran dapat membuat ketiak lebih gelap jika mengandung bahan berbahaya atau bahan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit Anda. Bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan peradangan dan menimbulkan perubahan warna kulit.

Kendati demikian, kecenderungan memiliki ketiak hitam lebih dipengaruhi oleh berbagai faktor lain, seperti kesehatan kulit, ras dan riwayat keluarga. Dengan kata lain, deodoran bukanlah penyebab utama dari terjadinya ketiak hitam.

Mencegah ketiak hitam

Supaya tidak berkontribusi pada terjadinya ketiak hitam, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih deodoran:

Alkohol

Adanya kandungan alkohol dalam deodorant akan membuat kulit ketiak lebih kering. Kondisi seperti ini membuat kulit sangat mudah bergesekan satu sama lain, sehingga risiko terjadinya ketiak hitam bisa meningkat dua kali lipat.

Iritasi Akibat Mencukur

Kamu mungkin sering melakukan rutinitas mencukur. Tetapi, sebaiknya kamu berhati-hati saat melakukannya. Sebab, daerah kulit ketiak tergolong sensitif dan rentan terhadap iritasi yang berujung pada dark underarms. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus melakukan proses pencukuran dengan baik dan benar. Sebaiknya lakukan pencukuran setelah mandi agar permukaan ketiak terasa lebih lembap dan halus. Kemudian, disarankan untuk mengoleskan sedikit krim pencukur untuk mengurangi risiko iritasi.

Pakaian yang Terlalu Ketat

Kamu suka mengenakan pakaian yang ketat? Hati-hati, Ladies. Pakaian yang terlalu ketat justru akan mempersulit ruang gerak tubuh, sehingga permukaan kulit ketiak akan bergesekkan dengan kain pakaianmu yang dapat memicu perubahan warna kulit menjadi hitam. Sebaiknya hindari pemakaian baju ketat terlalu sering dan pilih model pakaian yang lebih longgar agar nyaman untuk dikenakan sepanjang hari.

Paraben dan aluminium klorida

Paraben (sejenis pengawet) dan aluminium klorida (bahan penghambat produksi keringat) adalah bahan alergen yang umum ditemukan di produk perawatan kulit, termasuk deodoran. Kedua zat tersebut dapat menyebabkan timbulnya kemerahan, bengkak, dan gatal sehingga memicu hiperpigmentasi alias perubahan warna kulit menjadi lebih gelap.

Maka dari itu, bila ingin menggunakan deodoran, carilah yang bebas pewangi atau mengandung pro vitamin B5. Jenis deodoran yang demikian dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga Anda terhindar terjadinya dari ketiak hitam.

Menggunakan deodoran yang tidak tepat memang bisa menyebabkan terjadinya ketiak hitam. Namun, hal tersebut bukanlah satu-satunya penyebab. Ada juga faktor-faktor lain yang turut berperan, seperti ras, genetik, kebersihan kulit dan lainnya.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here