Apakah Buah Nangka Tidak Tepat Dikonsumsi Bagi Ibu Hamil?

0
747
views
Buah nangka yang manis dan lezat

Befren.com – Nangka adalah buah berdaging serat  dengan aroma dan rasa yang khas lezat. Buah ini umumnya dikonsumsi di beberapa negara Asia. Daging buah nangka mempunyai zat tepung dan buah ini juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya.  Kandungan magnesium serta kalsium dalam buah nangka sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Ini dia kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah nangka:

Tinggi kandungan vitamin A, Tinggi kandungan vitamin C, Asam folat, Niasin, Riboflavin, Tiamin
Fruktosa, Sukrosa, Setar, Fosfor, Kaliu, Mangan, Magnesium, Seng, zat besi, tembaga, tinggi, serat, lignan, isoflavon, saponin, dan selenium. Nah!  itu dia kandungan nutrisi dalam buah nangka.

Selain itu, zat besi yang ada di dalam buah tersebut juga dapat mencegah ibu hamil terkena anemia. Semua yang banyak manfaat dan kegunaannya di dunia ini pasti ada dampaknya dan jika dipergunakan dengan cara tidak tepat pasti akan menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan.

Adapun dampak dari konsumsi buah nangka bagi ibu hamil adalah

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa segala sesuatu yang menyehatkanbila dikonsumsi secara berlebihan juga dapat memberikan efek negatif, tak terkecuali dengan buah nangka yang kaya akan manfaat ini. Berikut adalah beberapa dampak dari mengonsumsi buah nangka secara berlebihan bagi ibu hamil:

Menimbulkan gangguan pencernaan
Jika Anda mengkonsumsi buah nangka berlebihan maka akan menimbulkan gangguan pada perut seperti kembung, diare dan rasa ingin buang gas terus-menerus. Hal ini dapat terjadi karena buah nangka memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Menyebabkan beberapa reaksi alergi
Dalam beberpa kasus, buah nangka dapat menyebabkan alergi. Oleh karena itu, jika Anda memang orang yang alergi dalam mengkonsumsi buah nangka sebaiknya hindari

[artikel number=4 tag=”health” ]

Meningkatkan kadar gula darah
Nangka sebagai salah satu sumber gula alami dapat dengan mudah meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil. Oleh sebab itu, konsumsi nangka perlu untuk dihindari bagi ibu hamil yang memiliki keluhan diabetes gestasional.

Berpengaruh pada suhu janin dan kontraksi dini
Buah nangka memiliki manfaat dan khasiat yang melimpah bila dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi hal ini jika konsumsinya masih dalam takaran yang normal. Apabila konsumsi berlebihan maka dapat meningkatkan suhu janin dalam kandungan serta kontraksi lebih awal yang dapat berdampak bayi lahir prematur.

Apakah buah nangka menyebabkan keguguran?

Aroma buah nangka yang manis

Hingga kini memang belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan dampak keguguran dari mengonsumsi buah nangka pada ibu hamil. Meski demikian, cara terbaik untuk menjaga kehamilan tetap sehat adalah dengan menghindarinya.

Buah nangka mengandung gas, glukosa, kolesterol, dan alokohol. Berbagai kandungan tersebut dapat membuat Ibu hamil merasa kembung, sehingga dapat memicu kontraksi, terutama pada trimester pertama. Jika Anda ingin mengonsumsinya saat hamil, sebaiknya dibatasi dan konsumsilan setelah makan

Buah nangka akan tetap memberikan manfaat bagi ibu hamil jika konsumsinya tidak berlebihan, jika berlebihan maka akan menimbulkan masalah baru. Beberapa manfaat buah nangka dengan takaran konsumsi yang normal untuk ibu hamil, yaitu membantu mengontrol dan mangatur hormon, meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan janin, mengontrol tingkat stres saat kehamilan, menurunkan tekanan darah selama kehamilan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here