Apa penyebab Asam Urat?

0
155
views

befren.com – Salah satu penyakit yang banyak sekali diidap oleh masyarakat Indonesia adalah asam urat. Asam urat adalah penyakit sendi yang muncul karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Gaya hidup yang tidak sehat sedikit banyak memicu penyakit degeneratif ini terjadi.

Beberapa jenis makanan tertentu dapat pula menyebabkan penyakit yang menyebabkan gangguan kesehatan pada sendi ini. Oleh karena itu jika Anda mengalami gangguan asam urat, Anda perlu lebih waspada dalam memilih makanan.

Asam urat tinggi

Asam urat yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Kondisi ini berhubungan dengan kejadian artritis gout, yakni terjadi peradangan sendi akibat pengendapan kristal urat. Selain artritis gout, asam urat yang tinggi juga meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal.

Kadar asam urat yang tinggi dapat disebabkan beberapa hal. Salah satunya karena tubuh tidak dapat mengeluarkan asam urat dengan efisien. Kondisi ini banyak terjadi pada penderita diabetes, obesitas, atau menggunakan obat tertentu, seperti golongan diuretik.

Pada dasarnya, kadar asam urat yang berlebihan akan membentuk kristal monosodium urat yang akan menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan ini pada akhirnya dapat menyebabkan peradangan pada area persendian, yang akrab dikenal dengan artritis gout.

Makanan yang tinggi purin

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko peradangan sendi akibat asam urat adalah dengan mengurangi asupan purin. Purin yang terkandung di dalam makanan akan dipecah menjadi asam urat di dalam tubuh.

Berikut adalah daftar makanan yang punya kandungan purin yang tinggi.

Kacang

Makanan lainnya yang juga termasuk ke dalam kategori kadar purin sedang adalah kacang kering dan hasil olah, seperti tahu dan tempe.

Daging merah

Apakah daging merah menjadi menu wajib Anda sehari-hari? Jika iya, Anda patut berhati-hati. Daging merah termasuk ke dalam makanan dengan kandungan purin sedang (9-100 mg per 100 gram). Konsumsi daging merah lebih baik dibatasi dengan jumlah maksimal 50-75 gram (1-1,5 potong) daging.

Ikan sarden

Ikan sarden merupakan salah satu makanan dengan kandungan purin yang tinggi.Walaupun makanan ini dijual di banyak tempat dan praktis, ikan sarden ternyata mengandung purin yang cukup tinggi.

Anda yang sudah memiliki kadar asam urat yang tinggi, sebaiknya mengurangi asupan ini. Apalagi jika ikan sarden yang dibeli adalah ikan sarden yang dijual dalam bentuk kaleng dengan kandungan garam yang tinggi. Kandungan garam yang tinggi pada makanan ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Kerang

Apakah Anda pencinta seafood? Kerang adalah salah satu makanan yang masuk ke dalam kategori makanan berpurin tinggi. Jika Anda pencinta kerang, waspadalah karena kandungan purin pada kerang sekitar 136 mg per gram. Selain kerang, purin juga dapat dijumpai pada beberapa makanan laut lain, seperti udang, kepiting, dan lobster.

Bir

Minum bir sudah menjadi gaya hidup sebagian orang. Tapi, jika Anda ingin menurunkan kadar purin, hindari minum bir. Akan tetapi, tidak hanya bir yang dapat meningkatkan kadar asam urat Anda. Berbagai minuman beralkohol yang lain juga dapat mengerek kadar asam urat.

 Produk susu

Ternyata produk susu juga mengandung sejumlah purin, termasuk produk olahannya, seperti keju. Susu dan produk olahannya termasuk ke dalam makanan dengan kandungan purin menengah.

Jadi, ingin hidup sehat bebas asam urat? Coba pastikan bahwa Anda memiliki pola makan yang baik dan hindari konsumsi berbagai makanan di atas dalam jumlah berlebihan, termasuk jeroan. Perlu Anda ingat, bahwa pola makan hanyalah salah satu cara dalam mengontrol gejala pada artritis gout. Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter, dan menggunakan obat dengan teratur.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here