Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Masker

0
138
views

befren.com – Memiliki wajah yang bersih, segar, cerah, dan tampak merona tentu menjadi dambaan setiap orang baik perempuan maupun laki-laki. Kulit wajah yang terlihat cerah, bersih, dan segar tentu akan membuat penampilan Anda menjadi menarik dan juga meningkatkan tingkat percaya diri Anda. Selain produk yang dijual di pasaran, Anda juga bisa membuat sendiri masker untuk mengatasi jerawat. Bahan masker alami ini mudah didapat karena kebanyakan mungkin sudah ada di dapur. Ini dia  pilihan masker alami untuk mengatasi jerawat Anda.

1. Masker lemon, yoghurt, dan madu

Kandungan AHA di dalam lemon membantu memecah sel kulit mati yang menutupi pori. Selain itu, lemon juga membantu mengurangi peradangan dan minyak di kulit.

Lemon juga memiliki efek antimikroba yang bisa membantu mematikan bakteri P.Acnes si penyebab jerawat yang meradang. Sementara itu, madu mengandung antiradang dan antiseptik sehingga bisa menenangkan kulit saat melawan bakteri penyebab jerawat.

Untuk membuat masker alami ini, campurkan air perasan buah lemon bersama 2 sendok makan yoghurt dan 1 sendok teh madu. Anda bisa menambahkan 1 sendok makan tepung beras agar masker merekat sempurna di wajah. Setelah diaduk rata, oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas wajah sampai bersih.

2. Masker oatmeal

Oatmeal murni tanpa gula dan tambahan apa pun merupakan produk yang tepat digunakan untuk membuat masker. Untuk membuat masker oatmeal, rebuslah bahan ini dengan air. Setelah itu, biarkan campuran ini dingin terlebih dahulu sebelum nantinya dioleskan ke kulit wajah.

Agar lebih maksimal, Anda bisa menambahkan tea tree oil atau kunyit ke dalam campuran masker untuk jerawat ini. Aduk rata masker kemudian oleskan ke wajah dan biarkan selama 20 sampai 30 menit. Ulangi pemakaiannya 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

3. Masker kunyit dan madu

Campuran kunyit dan madu cocok untuk bantu meredakan jerawat. Kunyit adalah antiradang alami yang bisa membantu mengurangi kemerahan atau peradangan pada kulit. Sementara madu adalah bahan yang kaya akan antioksidan, antibakteri, dan antimikroba. Oleh karena itu, madu membantu menenangkan kulit yang meradang dan mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.

Anda hanya perlu mencampurkan 1/2 sendok teh kunyit bubuk dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga keduanya tercampur rata, kemudian oleskan ke seluruh wajah yang telah dibersihkan. Diamkan masker selama 10 sampai 15 menit untuk hasil yang maksimal. Anda bisa mengulangi pemakaian 2 sampai 3 kali seminggu.

4. Masker lidah buaya dan kunyit atau teh hijau

Lidah buaya adalah zat alami yang bisa meredakan masalah kulit. Oleh karenanya, lidah buaya dapat menenangkan kulit dan jerawat yang sedang meradang serta iritasi. Tumbuhan yang satu ini juga memiliki kandungan asam salisilat alami dan sulfur yang bisa membantu melawan jerawat.

Untuk memaksimalkan efeknya, campurkan lidah buaya dengan bahan lain seperti kunyit atau teh hijau. Baik kunyit maupun teh hijau membantu mengendalikan produksi minyak dan kulit yang sensitif.

Blender daging lidah buaya secukupnya kemudian campurkan dengan bubuk kunyit atau bubuk teh hijau. Aduk hingga campuran ini merata kemudian oleskan di seluruh wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 15 sampai 20 menit agar bahan aktifnya dapat menyerap secara maksimal.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here