Memakai Lensa Kontak, Jika Infeksi Akan Mengakibatkan Kebutaan

0
109
views

befren.com – Sejak lensa kontak ditemukan dan jutaan orang telah menggunakannya, kebanyakan dari mereka masih sering salah dalam menginterpretasikan lensa kontak tersebut. Bahkan tak jarang kebiasaan yang sering dilakukan sangat berbahaya bagi kesehatan mata mereka. Lensa kontak ini tak hanya untuk alat bantu penglihatan, tapi juga banyak digunakan untuk alasan estetika. Menggunakan lensa kontak tak boleh sembarangan karena bisa sebabkan iritasi hingga infeksi.

Lensa kontak sebenarnya sangat aman jika dipakai dengan benar. Lensa sendiri dirancang untuk dapat dipakai dengan waktu yang lama setiap harinya. Namun, ada saat-saat tertentu ketika Anda harus melepas lensa. Terutama sebelum kontak dengan air apapun, termasuk air waktu mandi.

Mungkin sebagian dari Anda malas untuk melepas lensa saat mandi. Namun, hal ini dapat menyebabkan infeksi yang dapat menyebabkan nyeri, gangguan penglihatan dan kebutaan.

Bicara risiko kebutaan akibat infeksi dari lensa kontak, ternyata hal ini sesuai dengan hasil sebuah penelitian. Dilansir dari WebMD, simak penjelasannya di bawah ini.

Bahaya infeksi mata akibat pemakaian lensa kontak

Sebuah kasus penyakit acanthamoeba keratitis telah meningkat tiga kali lipat sejak 2011. Kemunculan penyakit ini biasanya terkait dengan lensa kontak yang tidak bersih, hingga jorok. Keratitis dapat terjadi akibat infeksi kuman maupun akibat imunitas. Kuman yang dapat menyebabkan keratitis berupa bakteri, virus, jamur, dan parasit. Gejala yang ditimbulkan meliputi:

  • Kemerahan pada mata
  • Nyeri pada mata
  • Penglihatan kabur
  • Mata berair terus-menerus
  • Banyak kotoran pada mata
  • Merasa silau
  • Terasa seperti ada yang mengganjal saat berkedip

Infeksi menggabungkan amuba kecil sel tunggal dengan keratitis bakteri. Setelah mata terinfeksi, akan timbul rasa sakit pada kornea, bahkan meradang karena mikroorganisme yang dapat membentuk kista tersebut.

Penyakit ini diketahui menyebabkan kehilangan penglihatan alias kebutaan pada satu dari empat orang yang terinfeksi. Mengingat sosialisasi yang kurang, angka korban infeksi kian memprihatinkan.

Pada sebuah penelitian dari University of London Institute of Ophthalmology, Inggris, ketua peneliti, John Dar, mengatakan timnya mengumpulkan data pasien yang dari tahun 1985-2016 di Rumah Sakit Mata Moorfields, Inggris. Tim menemukan peningkatan kasus acanthamoeba keratitis dari 8 hingga 10 per tahun pada tahun 2000-2003 menjadi 36-65 per tahun baru-baru ini. Secara keseluruhan, 25 persen dari mereka yang terkena infeksi membutuhkan transplantasi kornea untuk mengobati penyakit atau mengembalikan penglihatan.

Menggunakan lensa kontak dengan aman

Menggunakan lensa kontak dapat meningkatkan risiko infeksi kornea. Hal ini terjadi karena lensa kontak mengurangi jumlah oksigen untuk kornea. Meski tidak dapat sepenuhnya dihindari. Anda bisa mencegah terjadinya infeksi mata dengan cara-cara berikut.

  • Selalu cuci bersih dan keringkan tangan sebelum memasang atau melepas lensa Anda.
  • Lepaskan lensa sebelum mandi atau berenang. Usahakan agar lensa kontak Anda tidak terkena air.
  • Usahakan untuk selalu melepas lensa kontak sebelum tidur. Bahkan jika Anda menggunakan lensa yang bisa dipakai selama beberapa waktu tertentu dan memang didesain untuk bisa digunakan sambil tidur, sangat tidak disarankan untuk mengenakan lensa kontak secara terus-menerus. Saat kita menutup mata dengan adanya lensa kontak yang tetap berada di dalam mata, jumlah oksigen ke mata menjadi makin tipis. Hal ini menyebabkan permukaan mata menjadi rentan terkena infeksi. Selain itu, kuman yang ada di lensa akan menempel ke kornea selama kita tidur.
  • Gunakan cairan pembersih khusus yang disarankan dokter atau apotek untuk membersihkan dan merendam lensa Anda. Jangan gunakan air atau cairan lainnya, karena air laut, air kolam, bahkan air sulingan sekali pun, bisa mengandung organisme acanthamoeba yang dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.
  • Selalu buang cairan pembersih yang sudah dipakai. Jangan menggunakan kembali cairan yang sudah dipakai.
  • Gosok lembut lensa Anda saat membersihkan menggunakan cairan pembersih. Hati-hati agar Anda tidak merobeknya.
  • Perhatikan tanggal kedaluwarsa dan segera buang lensa yang telah kedaluwarsa.
  • Bersihkan tiap hari dan ganti kotak penyimpanan lensa sebulan sekali agar tetap terjamin kebersihannya.

Kunci aman menggunakan lensa kontak adalah memperhatikan kebersihannya. Jika lensa kontak yang Anda gunakan kotor, Anda berisiko terkena infeksi dan mengalami kebutaan. Jika merasa kebersihan Anda kurang baik, sebaiknya gunakan lensa kontak sekali pakai (daily use), cara ini akan mempermudah sekaligus mengurangi risiko infeksi akibat pemakaian lensa kontak yang tidak tepat.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here