Kesalahan Perawatan Kulit yang Tidak Disadari

0
210
views

befren.com – Seorang wanita pasti akan selalu menjaga penampilannya, terutama pada bagian wajah, sehingga berbagai macam perawatan tak jarang akan dicoba agar kulit menjadi bersih, cerah, dan sesuai yang diinginkan oleh wanita.

Namun, ketika melakukan perawatan kulit tersebut, rupanya terdapat kesalahan yang sering dilakukan. Apa saja?

Mencuci wajah dengan sabun

Sabun memiliki keseimbangan pH tinggi yang dapat membuat kulit kamu menjadi kering. Sehingga tidak hanya sel kulit mati saja yang diangkat namun juga kelembapan di dalam kulit. Untuk itulah gunakan sabun muka yang bertekstur ringan dan tidak terlalu berbusa.

Kurang tidur

Tidur adalah salah satu rahasia kecantikan kulit wajah dari dalam. Tanpa istirahat yang cukup maka kulit wajah kamu akan terlihat kusam, lelah, dan muncul lingkaran hitam di bawah mata. Pastikan bahwa setidaknya tidur selama 7-8 jam setiap hari.

Memencet jerawat

Jerawat yang tumbuh di wajah kerap kali mengganggu penampilan. Ketika jerawat muncul, kamu pasti tidak tahan untuk memencetnya. Memencet jerawat dengan tangan merupakan kebiasaan yang tidak baik. Selain akan timbul bekas, bisa juga memicu munculnya jerawat lain. Akan lebih baik jika kamu mengoleskan perasan jeruk nipis pada kulit yang berjerawat daripada memencetnya.

Tidak membersihkan makeup

Bagi perempuan, memakai makeup merupakan suatu kewajiban. Namun, ketika sudah lelah berativitas seharian, seringkali kita lupa untuk membersihkan makeup di malam hari atau saat menjelang tidur. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, pori-pori akan semakin tersumbat dan membuat produksi juga akan terhambat. Karena kulit melakukan regenerasi pada saat malam hari.

Jarang mengoleskan krim tabir surya

Salah satu penyebab penuaan kulit adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Mungkin sebagian besar dari kamu tidak menyadari hal ini sehingga tidak pernah memakai tabir surya secara rutin setiap hari. Jika kamu ingin praktis gunakan pelembap  yang sudah mengandung SPF dan PA.

Salah menggunakan produk

Nah kesalahan perawatan ini cukup sering dilakukan. Pastikan kamu mengenali jenis kulit terlebih dahulu sebelum mencoba suatu produk. Ketika kamu melihat teman cocok dengan suatu produk, tidak selamanya akan tepat buatmu. Bila terlalu sering menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit, lama kelamaan kulit bisa lebih kering, berminyak, kusam, bahkan bisa menimbulkan jerawat.

Over-exfoliating

Exfoliating adalah pengelupasan sel kulit mati. Jika terlalu banyak melakukannya maka dapat menghancurkan sel-sel kulit yang sehat. Sementara jarang melakukan pengelupasan akan membuat kulit  menjadi kusam dan pori-pori tersumbat oleh kotoran.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here