Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki

0
171
views

befren.com – Hayo siapa yang bau kaki, bau kaki menjadi keluhan yang dapat dialami oleh siapa saja. Keluhan ini sering menyebabkan rasa tidak nyaman, baik bagi yang mengalaminya maupun orang-orang yang berada di sekitarnya. Apalagi dalam keadaan shalat berjamaah di masjid, terus ada salah satu dari mereka yang bau kaki, hmm bagaimana reaksi orang disekelilingnya? Nah, itu dia, pasti ada pemicunya, salah satu contohnya memakai sepatu tertutup dalam waktu yang lama. Kondisi kaki yang lembap dan keringat berlebih pada kaki tersebut, bisa memicu bau kaki lho.

Kaki merupakan area tubuh yang sangat mudah berkeringat, karena memiliki lebih banyak kelenjar keringat, dibandingkan bagian tubuh lain.

Penyebab bau kaki:

  • Pemakaian sepatu
  • keringat
  • jamur kaki
  • salah makan
  • stres

Cara menghilangkan bau kaki

Berikut ini adalah cara menghilangkan bau kaki yang tidak sedap

Menggunakan deodoran

Semprotkan deodoran atau antiperspirant di kaki kamu. Deodoran dapat mengurangi bau kaki dan antiperspirant dapat mengurangi produksi keringat pada kaki. Jika dikombinasikan, keduanya dapat membantu mengatasi bau kaki.

Pakai sepatu yang pas

Gunakan sepatu dengan ukuran yang tidak terlalu ketat. Pastikan sepatu memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga menjaga kelembapan kaki.

Memotong kuku

Potong kuku kaki, agar selalu dalam keadaan pendek. Kemudian, selalu bersihkan kuku kaki secara teratur agar tidak menjadi media yang ideal untuk berkembangnya bakteri.

befren merangkum dari berbagai sumber, bagaimana menghilangkan bau kaki dengan cara mudah dan menggunakan bahan alami yang bisa diperoleh di sekitar kalian.

Tepung Maizena

Tepung maizena bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang ampuh. Tepung maizena bisa diaplikasikan sebagai bedak tabur karena ampuh menyerap uap air yang menyebabkan tingginya kelembaban di permukaan kaki.

Kopi

Tak hanya sebagai penghilang rasa kantuk, kopi juga memiliki manfaat lain. Kopi dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki.

  • 30 gram bubuk kopi yang sudah digiling medium.
  • Jika tidak ingin menggunakan bubuk kopi baru, ampas kopi juga bisa digunakan
    3 sendok makan minyak kelapa murni
  • Wadah plastik yang besar untuk merendam kaki
  • Air hangat
  • Handuk kering.
  1. Pertama-tama, campurkan terlebih dahulu bubuk kopi dengan minyak kelapa murni kemudian aduk hingga rata.
  2. Cucilah kedua kaki dengan bersih lalu keringkan dengan menggunakan handuk yang sudah disiapkan
  3. Tuangkan campuran kopi dan minyak kelapa keseluruh telapak kaki dan jari-jari
    Diamkan selama sekitar 5-7 menit
  4. Supaya sel kulit mati terangkat, gosok-gosok kedua kaki kalian sebelum dibilas
    Siapkan wadah yang sudah diisi dengan air hangat
  5. Rendam kedua kakimu kurang lebih 10 menit di dalam wadah tersebut.
  6. Setelah itu,bilas kaki hingga bersih dan keringkan.
  7. Lakukan metode ini kurang lebih 2-3 kali seminggu.
Teh

Teh memiliki kandungan asam tanat yang mampu membunuh bakteri penyebab bau kaki. Selain itu, menggunakan teh juga dapat mengurangi produksi keringat pada kaki.

Rendam kaki selama 30 menit dan lakukan setiap satu kali seminggu. Asam yang dihasilkan dari teh berguna untuk menutup pori-pori pada kaki sehingga bantu mengurangi jumlah keringat pada kaki.

Baking Soda

Rendam kakii selama kurang lebih 15-25 menit setiap malam selama satu minggu. Bisa juga dengan menaburkan sedikit baking soda ke dalam sepatu sebelum menggunakannya.

Baking soda memiliki kandungan pH yang mampu menetralisasi keringat dan mengurangi bakteri.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here