Cara Menghilangkan Selulit Pada Kulit dengan Mudah

0
96
views

befren.com – Apa itu selulit? pada umunya dapat kita kenal selulit merupakan suatu keadaan permukaan kulit yang tidak merata atau kendur. Mungkin kalian mengamati kulit jeruk? Ya seperti itulah. Selulit bisa juga ada di tempat tertentu seperti di paha, bokong, dan payudara. Karena timbul lebih kurang 85% pada wanita pasca pubertas, maka selulit ditengarai sebagai salah satu tanda perkembangan seks sekunder.

Ada fakta lain mengenai selulit ini, ternyata selulit jarang terjadi pada pria lho. Ini dikarenakan adanya perbedaan susunan anatomi lapisan lemak kulit antara wanita dan pria, dan ini alasan penyebab perbedaan selulit jarang ditemui pada pria sahabat befren. Perlu kalian ketahui, slulit tidak selalu berkaitan dengan kegemukan (obesitas), tetapi memang kelebihan berat badan ternyata dapat memperparah keadaan selulit. Dari analisis yang dilakukan pada selulit menunjukkan adanya lemak subkutan kulit yang masuk atau menjorok ke dalam lapisan dermis kulit. Selain itu, peningkatan glikosaminoglikan (suatu bahan pengikat air) dan peradangan yang terjadi, menyebabkan penimbunan air yang lebih banyak pada kulit.

Mengontrol berat badan atau mengurangi berat badan merupakan hal pertama yang perlu diperhatikan, dengan tujuan mengurangi sel-sel lemak di bawah kulit. Namun, disadari bahwa mengurangi lemak di daerah paha dan bokong kadang bukanlah hal yang mudah, terutama bagi mereka yang secara genetik memiliki kecenderungan “menyimpan” lemak di daerah-daerah tersebut. Sehingga hal terbaik yang dianjurkan adalah kombinasi antara diet tepat dan olahraga teratur.

Upaya lain yang dapat dulakukan antara lain dengan pemakain bahan-bahan pemijatan, dan manipulasi. Pemakaian bahan-bahan diantaranya adalah krim (lotion) yang mengandung xanthines, retinoid, asam laktat dan beberapa dari golongan herbal.

Sedangkan pemijatan dan manipulasi pada dasarnya dilakukan dengan melancarkan kembali sirkulasi darah dan cairan tubuh. Pemanasan, sedot lemak, skin needling, merupakan alternatif lain yang dapat dilakukan. Upaya menghilangkan selulit memeang sering kali tidak mudah, memerlaukan waktu dan disiplin yang tinggi. Pengalaman menunjukkan, umumnya respons dan perbaikan baru akan tampak setelah pemakian obat-obatan topikal, setidaknya dua bulan. Walaupun sering kali menyebabkan putus asa bagi yang memilikinya, namun selulit bukanlah keadaan yang tidak mungkin dihilangkan.

Berikut Cara Menghilangkan Selulit, paha, bokong, payudara

1. Menurunkan Berat Badan

Jika badan kalian terbilang kegemukan, cara paling mudah untuk menghilangkan selulit adalah dengan diet untuk menurunkan berat badan. Menghilangkan lemak tubuh berlebih bisa mengurangi penampilan selulit secara alami.

2.Terapi Pijat

Mengatasi selulit juga bisa dilakukan dengan terapi pijat. Cara ini mungkin tidak memberi efek jangka panjang, tapi pijatan disebut bisa membantu membuat aliran darah menjadi lebih lancar sehingga menurunkan risiko selulit, terutama di area paha.

3.Olahraga Teratur

Berolahraga juga bisa menjadi cara menghilangkan selulit. Seperti dikatakan sebelumnya, selulit bisa muncul karena ada penumpukan lemak. Rutin berolahraga bisa membantu membakar lemak dan membuat tubuh lebih bugar. Berolahraga juga bisa membuat kulit menjadi lebih kencang, sehingga menyamarkan selulit di permukaan kulit.

4. Minum Air Putih

Minum air putih merupakan cara yang mudah dan murah untuk menghilangkan selulit pada remaja. Tidak hanya menghilangkan rasa haus, air putih juga bisa membantu menghilangkan racun yang bisa berujung pada menumpuknya lemak

5. Berhenti Merokok

Perubahan gaya hidup juga memegang peran penting jika kalian ingin mengurangi selulit, salah satunya adalah dengan berhenti merokok.

Riset yang diterbitkan di Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa asap rokok bisa melemahkan produksi kolagen yang merupakan komponen penting jaringan penghubung, sehingga membuat selulit lebih terlihat.

6. Eksfoliasi dengan Kopi

Eksfoliasi menggunakan scrub campuran kopi dan kayu manis bubuk bisa kalian coba untuk menghilangkan selulit. Kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta kandungan kafeinnya bisa mendorong sirkulasi darah dan membuat kulit menjadi lebih kencang.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here