Cara Menghilangkan Komedo dengan Cara Alami

0
217
views

befren.com – Penggunaan bahan alami memang sangat baik salah satu yang kita bahas adalah “Cara menghilangkan komedo secara alami “ bisa jadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo yang cukup aman untuk kulit. Selain itu, cara ini bisanya bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan dan harganya cukup murah. Untuk kamu yang tidak terlalu suka memencet komedo menggunakan alat atau menggunakan pore strip, kamu bisa coba cara menghilangkan komedo secara alami berikut ini. Tapi sebelum dilanjut mungkin Anda harus tahu apa penyebab terbentuknya komedo?

Penyebab terbentuknya komedo

Komedo terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak alami kulit yang berlebih. Siapa pun bisa memiliki komedo, namun lebih rentan terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak.

  • Kondisi kesehatan. Stres, PCOS, dan PMS bisa menyebabkan munculnya komedo dan jerawat karena perubahan hormon.
  • Penggunaan kosmetik berlebih. Menggunakan kosmetik secara berlebihan dapat menghalangi pori-pori kulit sehingga memicu terbentuknya komedo.
  • Perubahan hormon. Berubahnya hormon dapat meningkatkan produksi sebum oleh kelenjar minyak yang bisa memicu terbentuknya komedo. Perubahan hormon dapat terjadi karena masa pubertas, menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, dan lainnya.
  • Keringat berlebih. Ketika Anda berkeringat secara berlebih, maka dapat menyumbat pori-pori di kulit yang menyebabkan komedo.

Cara menghilangkan komedo secara alami

Perawatan secara alami ini memiliki biaya yang murah dan biasanya minim risiko.Cara menghilangkan komedo secara alami yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan:

Madu

Madu sudah lama dipercaya ampuh untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Selain itu, madu juga mampu menghilangkan komedo hitam serta membantu kulit tetap terhidrasi dan mengencangkan pori-pori.

Caranya hanya dengan mengoleskan madu pada area komedo dan diamkan selama kurang lebih 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung seng yang dapat membantu mengencangkan pori-pori, dan mengandung saponin yang dapat membersihkan kulit sehingga terbebas dari komedo.

Oleskan ½ sdt gel lidah buaya pada area kulit yang berkomedo. Biarkan semalaman, lalu bilas dengan air bersih ketika Anda bangun. Ulangi setiap hari hingga komedo hilang.

Kunyit

Kunyit juga sudah lama dipercaya mampu menghilangkan noda-noda hitam di kulit. Selain itu, kunyit juga dipercaya mampu membantu menghilangkan komedo hitam.

Caranya dengan mencampurkan dua sendok teh kunyit bubuk dengan dua sendok makan air daun mint. Oleskan pada area komedo dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Sebagai alternatif, bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan bubuk cendana dan susu. Campur hingga membentuk pasta. Oleskan pada area komedo selama 10-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Kandungan lemon dapat meluruhkan komedo

Banyak produk dari skincare yang mengandung lemon mampu untuk mencerahkan kulit wajah. Selain itu, ada pula kandungan citric acid pada lemon yang dapat membersihkan pori-pori tersumbat sampai ke dalam kulit, sehingga bisa menghilangkan komedo secara alami.

Ditambah dengan kandungan AHA yang sekaligus menangkal radikal bebas. Peras air lemon secukupnya, lalu aplikasikan pada area kulit wajah yang dibutuhkan. Tunggu sampai kering dan bilas sampai bersih. Namun, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cara menghilangkan komedo secara alami yang satu ini mungkin saja tidak cocok untuk kamu yang berkulit sensitif.

Stroberi

Siapa sangka stroberi ternyata tak hanya segar untuk dimakan, namun juga dapat menghilangkan komedo. Stroberi kaya akan vitamin C atau asam askorbat yang dapat menjaga kulit tetap lembap, serta mengurangi komedo karena mampu menghilangkan sel-sel kulit yang mati dan kering.

Hancurkan 2-3 buah stroberi, lalu tambahkan ½ sdt madu dan ½ sdt lemon. Aduk hingga terbentuk pasta kental, lalu oleskan pada area kulit yang terdapat komedo. Biarkan selama 15-20 menit, dan bilas dengan air bersih jika sudah selesai. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapat hasil yang baik.

Tomat

Mengandung likopen yang bersifat anti-oksidan, tomat dipercaya ampuh mencegah dan menghilangkan komedo karena mampu menangkal radikal bebas, dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Bilas tomat hingga bersih lalu tumbuk halus atau blender, kemudian oleskan pada wajah secara merata (terutama pada bagian yang berkomedo). Diamkan selama 30 menit hingga masker mengering, lalu bilaslah dengan air dingin. Lakukan dengan rutin untuk hasil terbaik.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here