Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Cara Alami

0
191
views

befren.com – Sebenarnya, rambut rontok merupakan hal yang wajar lho dan pasti terjadi pada semua orang. Namun yang perlu digaris bawah adalah jika rambut rontok secara berlebihan.

Seringkali rambut rontok ketika kita sedang keramas, menyisir, bergesekan dengan bantal, mengikat rambut, dan sebagainya. Normal rambut rontok adalah 50-100 helai rambut per hari.

Rata-rata manusia memiliki 100 ribu lebih folikel rambut, sehingga rontok 50-100 helai saja per hari bukanlah masalah serius. Untuk mengatasinya, biasanya Anda langsung mencari perawatan rambut seperti sampo antirontok. Namun, seringkali upaya tersebut tak kunjung membuahkan hasil. Ada cara lain yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi rambut rontok.

Atasi Rambut Rontok dengan Bahan-bahan Alami

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat digunakan untuk membantu menenangkan kulit kepala yang gatal dan membersihkan sebum tambahan.

Produksi sebum berlebih dapat menyumbat folikel rambut yang mencegah pertumbuhan rambut.

Cara menggunakannya:

Kamu cukup memijat kulit kepala kamu dengan gel lidah buaya dan biarkan selama 30 menit.
Kemudian bersihkan gel tersebut dengan air dingin.
Lakukan cara ini tiga kali seminggu.

2. Masker santan kelapa

Santan merupakan salah satu perawatan rumah terbaik untuk mengatasi rambut rontok. Santan mengandung protein yang mendorong pertumbuhan rambut sehingga membuat rambut lebih tebal, cepat tumbuh, mengatasi kulit kepala kering dan gatal, memerangi kerontokan, serta membuat rambut lembut nan berkilau.

Aplikasikan santan pada seluruh bagian rambut dari akar hingga ujung sambil kulit kepala dipijat-pijat. Pemijatan kepala akan meningkatkan sirkulasi darah. Kemudian balut dengan handuk selama 20 menit. Setelah itu bilas seperti biasa tanpa kondisioner.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. Usapkan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat dengan lembut, lalu diamkan selama setengah jam. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan shampoo seperti keramas biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menggunakan Telur

Telur berisi nutrisi penting seperti protein, vitamin B12, zat besi, seng, dan asam lemak omega-6 yang mendorong pertumbuhan rambut.

Selain itu, telur juga membantu dalam penebalan dan kesehatan rambut.

Cara menggunakannya:

Tambahkan satu telur dan satu sendok makan minyak kelapa dalam mangkuk dan kocok sampai merata. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut kamu, biarkan selama 30 menit. Cuci rambut kamu dengan sampo dan air dingin (jangan gunakan air hangat).

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here