Cara Cepat Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak Secara Alami

0
16839
views
Ilustrasi wajah berminyak dan kusam

K

ulit wajah berminyak kadang membuat kita tidak percaya diri. Selain ketika berswafoto akan terlihat mengkilap, dengan perawatan yang salah, kulit wajah yang berminyak malahan akan menimbulkan jerawat serta wajah yang kusam. Minyak sebenarnya memang diproduksi oleh kulit. Namun pada beberapa orang, ada yang produksi minyak pada kulit berlebihan sehingga wajah terus terlihat berminyak.

Munculnya kulit kusam dapat disebabkan karena regerenasi sel baru mengalami gangguan. Masalah semacam ini tak hanya menyerang mereka yang memasuki usia senja saja, tapi anak-anak muda jaman sekarang pun juga demikian. Sebelum membahas cara mencerahkan wajah secara alami, ada baiknya kamu ketahui dulu beberapa penyebabnya berikut.

01

Penyebab Kulit Kusam dan Tak Cerah

  • Faktor genetik (keturunan)

Genetik alias keturunan sangat berpengaruh terhadap tipe kulit seseorang. Maksudnya begini, jika ayah/ibu kamu memiliki kulit kusam dan berminyak, maka kemungkinan besar kamu juga akan sama.

  •  Pola hidup

Pola hidup yang baik tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh, begitupun dengan pola hidup yang kurang sehat. Jarang mandi, membersihkan kulit, perawatan, jarang olahraga, dll merupakan contoh pola hidup tak sehat. Dari sinilah kulit kusam sangat mudah menyerang kita.

  •  Pola makan

Sekarang ini masyarakat lebih cenderung suka makan-makanan instan alias junkfood, padahal ini belum tentu baik untuk kesehatan. Terlalu banyak makan gorengan, makanan bersantan, berlemak, dan sejenisnya dapat memicu kulit wajah menjadi kusam tak terawat.

  •  Faktor lingkungan

Kedaan lingkungan yang penuh dengan debu dan polusi akan berdampak buruk bagi kulit wajah. Maskipun tak berdampak langsung, tapi lama kelamaan akan membuat kulit kamu lebih cepat rusak.

  •  Stres dan kurang tidur

Stres tak hanya buruk untuk kesehatan tubuh saja, melainkan juga memperburuk kesehatan kulit. Stres dapat memicu hormon tubuh tak stabil, sehingga menyebabkan munculnya jerawat, wajah berminyak, dan kusam.

  •  Kurangnya konsumsi air putih

Idealnya para ahli merekomendasikan konsumsi air putih minimal 8-10 gelas sehari. Tubuh kita hampir 50 % tersusun atas air, oleh sebab itu jika tak terpenuhi akan membuat kulit menjadi kering dan kusam.

02

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami Cepat dan Tanpa Efek Samping

1

Lidah buaya

Manfaat lidah buaya

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya mengapa banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya. Selain mencerahkan, lidah buaya juga akan menyerap minyak berlebih pada wajah dan mengecilkan pori-pori wajah sehingga minyak tidak akan diproduksi secara berlebihan.

Caranya pun mudah saja, dengan mengambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

2

Perbanyak konsumsi air putih

Manfaat air putih

Seperti yang telah saya jelasnya diatas tadi, konsumsi air putih sangat diperlukan untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam. Nah sekarang cobalah untuk memperbanyak konsumsi air putih.

Jika sehari kamu hanya 8 gelas, pastikan lebih dari itu misalnya menjadi 10-12 gelas.

Agar tak terasa eneg, kamu bisa membaginya menjadi beberapa sesi. Contohnya pagi hari 2 gelas, siang 4 gelas, sore 2 gelas, dan malam 2 gelas.

3

Bersihkan wajah secara teratur

Membersihkan wah

Kebersihkan wajah sangat berpengaruh terhadap kecerahan kulit wajah kamu. Semakin sering kamu membersihkan wajah, maka akan semakin cerah kulit yang didapatkan. Maka dari itu, selalu bersihkan wajah kamu secara rutin.

Bagi kamu yang beragama Islam, saya yakin pasti membersihkan wajah 5 kali dalam sehari. Meski hanya sekedar berwudhu, tetapi menurut penelitian ini sangat baik untuk mencerahkan kulit wajah secara alami.

4

Pakai lotion pelembab

Kulit kusam biasanya bersifat kering dan pecah-pecah. Agar tampak semakin cerah, saya sarankan kamu menggunakan lotion pelembab secara rutin sebelum beraktivitas. Namun agar lebih sesuai dengan jenis kulit, sebaiknya konsultasikan lotion pelembab pada ahlinya.

5

Penuhi waktu tidur

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya” mungkin kata bang Rhoma Irama sangat tepat. Begadang hanya akan membuat kulit kamu nampak pucat, kusam, dan terlihat tak sehat. Oleh sebab itu, lebih baik jangan begadang.

Idealnya menurut penelitian waktu tidur terbaik berkisar antara 8-10 jam dalam sehari. Kurang dari itu tidaklah baik, apalagi kelebihan. Sangat disarankan untuk tidur siang minimal 1 jam, karena menurut pengalaman pribadi ini dapat mencerahkan wajah dengan cepat.

6

Perbanyak refresing, jauhi stres

Ilustrasi wanita stres

Stres merupakan kondisi tertekan karena banyak memikirkan masalah yang sedang dihadapi. Semakin lama kamu menderita stres, maka akan semakin tak baik bagi kesehatan tubuh dan kulit.

[artikel number=5 tag=”cantik” ]

Stres memicu hormon tubuh bergejolak dan tidak stabil, sehingga mengakibatkan munculnya minyak berlebih yang berujung pada kulit kusam. Agar tidak stres, saya sarankan kamu memperbanyak refresing.

7

Jaga pola makan

Sama halnya dengan tubuh, kulit kamu pun juga perlu nutrisi. Vitamin, mineral, antioksidan, serat, protein, dan sejenisnya sangat baik untuk memberikan nutrisi kulit dari dalam.

Ada banyak sekali kok makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Mulai dari buah alpukat, jambu biji, pepaya, buah naga, manggis, dan lain sebagainya. Konsumsilah buah-buahan tersebut secara rutin agar wajah lebih cerah alami.

8

Pakailah lotion pelembab sebelum tidur

Meskipun saat ini belum ada penelitian yang pasti, tapi menggunakan pelembab sebelum tidur dapat membantu mencerahkan wajah kusam secara alami ketika pagi harinya.

Sekarang telah beredar banyak lotion pelembab di pasaran. Dari banyaknya pelembab tersebut saya lebih menyarankan yang terbuat dari sarang wallet (bukan promosi loh).

9

Olahraga teratur

Banyak orang yang berolahraga ketika dirinya sedang sakit. Hal ini tentunya mereka lakukan agar sakit lebih cepat sembuh. Sebenernya olahraga tak hanya membuat tubuh menjadi sehat saja, tetapi juga dapat mencerahkan wajah.

Pada dasarnya olahraga akan membuat kulit lebih banyak mengeluarkan keringat. Nah keringat-keringat inilah yang akan mendorong kotoran di pori dan membuat wajah lebih cerah alami.

10

Gunakan lemon

Lemon dan jeruk nipis sudah terkenal dimana-mana mampu mencerahkan kulit wajah secara alami. Sifatnya yang masam dapat membantu mengangkat kotoran, flek, dan komedo di wajah. Sehingga dalam waktu singkat kamu sudah akan mendapatkan kulit wajah cerah alami.

11

Putih telur

Mencerahkan wajah dengan lemon memang cukup efektif, tetapi banyak diantara kita yang tak tahan dengan rasa perih ketika menggunakannya. Apabila kamu salah satu dari mereka, saya sarankan memakai masker putih telur.

Cara mencerahkan wajah secara alami dengan putih telur:

– Kocok putih telur secukupnya sampai berbusa.

– Tambahkan sedikit madu, kemudian oleskan keseluruh wajah setelah mandi.

– Diamkan sampai wajah terasa kaku dan mengering, lalu bilas air hangat.

– Lakukan minimal 3x seminggu untuk mendapatkan hasil luar biasa.

12

Gunakan es batu

Sedangkan bagi kamu yang tak ingin ribet, es batu bisa menjadi pilihan tepat. Mencerahkan wajah dengan es batu mungkin terdengar aneh bin mustahil, tapi percaya atau tidak buktikan sendiri khasiat luar biasanya.

Cara mencerahkan wajah dengan es batu:

– Buat es batu dari perasan jeruk nipis dan madu.

– Tempel dan gosok keseluruh area wajah sebelum tidur.

– Tunggu semalaman, kemudian pagi harinya gosok lagi.

– Biasanya 2-3 hari perawatan sudah menunjukan hasilnya.

13

Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkar mata hitam Anda dan juga mentimun akan menyerap minyak berlebih pada wajah.

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah dengan mengiris mentimun tipis-tipis lalu tempelkan pada seluruh wajah.Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air bersih.

14

Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Namun tidak hanya berguna sebagai pemutih, bengkoang juga merupakan cara efektif untuk menghilangkan minyak di wajah. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting bagi kesegaran wajah.

Caranya mudah saja. Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami

15

Susu

Dalam wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal dan tidak berkerut. Nah susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap namun tidak tampak berminyak.

Caranya adalah dengan mencampur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu lalu jadikan masker wajah selama 30.

16

Yogurt

Tentu Anda tahu bahwa yogurt merupakan produk olahan susu. Oleh karena itu, tentu saja yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah Anda dan membuatnya bersinar alami.

Yang Anda perlukan agar adalah yogurt segar tanpa rasa yang kemudian digunakan sebagai masker wajah.

17

Madu

Pelembap alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati. Anda cukup mengambil 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Itulah cara mencerahkan wajah kusam dan berminyak secara alami yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba di rumah!

sumber cantikku
Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here