Karena Wanita Harus Dimengerti

0
158
views

befren.com – Selama gue hidup di dunia, Allah udah mengaruniai gue dengan berbagai macam nikmat. Ada nikmat iman, nikmat sehat, nikmat menghirup udara gratis, dan nikmat2 lain yang buaaanyak banget, yang gue gak akan pernah sanggup untuk menghitungnya.

Dari sekian banyak nikmat itu, ada satu nikmat yang gue suka lupa untuk mensyukurinya. Atau bahkan, emang gak pernah inget sih sebelumnya. Wkwkwk!

Nikmat apakah itu?

Nikmat punya istri baik. Walaupun kelakuannya absurd.

Ya. Kelakuan istri gue tuh emang suka absurd gaes, gak bisa dijelaskan dengan kata2.

Contohnya kalo dia abis mandi, Istri gue suka nanya gini ke gue. “Kanda Kanda Kanda, ngeliat tali rambut Dinda gak?”

Gue jawab. “Nggak. Kanda gak liat. Kan Dinda yang pake.”

Terus istri gue kayak gak percaya gitu. Dia nanya lagi ke gue sambil maksa.

“Masa sih gak liat? Siniin ah Kanda, Dinda mau pake!”

“E buset! Siniin apaan?!” Gue udah mulai kesel.

“Siniin gak?” Istri gue ngegas.

Gara2 dia ngegas, akhirnya gue jadi kesel benerankan, jadi ikutan ngegas juga.

“Jangan gila ya Dinda! Emangnya Dinda pikir Kanda pake tali rambut?!”

“Iya!”

“E buset! Kanda cowok sayang! Pake tali rambut buat ngiket apaan?! Ngiket jembut?!”

Dinda makin ngegas. “Siniin!”

Gue gak mau kalah. “Bodo amat!”

Dinda diem. Nafasnya ngos2an.

Gue slow down, mencoba untuk mengalah.

“Dinda sayang. Jangan asal maen tuduh gitu ya, gak baik. Istighfar sayang. Coba diinget2 lagi, terakhir Dinda pake tuh tali rambut waktu di mana?”

Istri gue langsung mangap. “Oh iya! Di kamar mandi!”

Terus dia lari ke kamar mandi ngambil tali rambut. Abis itu dia masuk lagi ke kamar sambil ngomong sama dirinya sendiri, “Alhamdulillahhh ketemuuu. Untung gak ilang, ihihihi.”

Udah gitu dia biasa lagi. Kayak gak ada apa2 aja. Minta maap nggak, nanya juga nggak. Absurd kan?

Baru pernah nih, seumur2 gue nemuin istri model kayak gini.

Untung cakep.

Contoh absurd lainnya dari kelakuan istri gue adalah pas dia lagi hamil gaes.

Jadi kalo istri gue lagi hamil nih ya, itu gak ada angin gak ada kentut, tiba2 dia jadi sebel sama gue. Bawaannya sewotttt mulu. Kenapa mah? Heran gue juga.

Pernah nih waktu istri gue lagi hamil anak kedua, gue pengen sarapan pagi kan, mau berangkat kerja ke toko percetakan gue. Nah, gue kalo makan, itukan selalu bareng sama istri, sepiring berdua gitu. Terus gue bilang gini ke istri.

“Dinda, kita sarapan yuk.”

Istri gue jawab. “Sarapan aja sendiri!” Terus gebrak meja. “Brakkk!”

Dalem hati gue, “Waduh! Kenapa nih Ondel2? Kesambet setan mana nih pagi2?”

Sebagai suami yang waras ngeliat istri lagi hamil, gue nanya baik2 kan. Kali aja dia lagi ngidam apa gitu, yang belum kesampean.

“Dinda, kenapa sayang?”

Istri gue jawab, “Pikir aja sendiri!”

Lah? Gue disuruh mikir coba? Mikir apa? Dia yang sarap gue yang disuruh mikir. Aturan dari mana tuh? Wkwkwk!

Karena gue takut kesiangan kerja, akhirnya gue gak ladenin dulu tuh Ondel2. Soalnya kalo diladenin urusannya bisa panjang. Gue mendingan cabut dulu aja. Nanti pas pulang kerja baru gue baekin.

“Ya udah nanti Kanda pikirin ya sayang, Kanda salah apa.” Jawab gue singkat.

Selesai sarapan, gue kecup kening dan pipi istri gue, kemudian berangkat kerja ke toko percetakan gue.

Di perjalanan menuju toko, hati gue gak tenang kan. Gue mikirrrr terus, salah gue apa.

.

Siangnya, gue nelepon istri gue. Gue pengen tau dia udah makan apa belum.

“Assalamu’alaikum Dinda.” Sapa gue.

“Wa’alaikumussalam.” Jawab Dinda.

“Udah makan belum sayang?” Tanya gue lagi.

“Heeuhhhh.”

“Udah minum?”

“Heeuhhhh.”

“Lagi istirahat ya?”

“Heeuhhhh.”

Karena semua pertayaan gue cuma dijawab “Heeuhhhh,” gue jadi males ngobrol kan. Maka dipertanyaan berikutnya, gue jadi asal nanya aja.

“Dinda. Bapak kamu, tukang somay ya?”

Terus dia jawab. “Kagak lucu!”

“Tut!” Hapenya langsung dia matiin.

Arrrggghhhhhh!

Malemnya, gue pulang ke rumah. Gue bawain sebungkus baso dan jus alpuket kesukaan istri gue, biar hatinya seneng.

“Tok tok tok.” Gue mengetuk pintu. “Assalamu’alaikum.”

“Wa’alaikumussalam.” Jawab istri gue dari dalem.

“Alhamdulillah, Dinda belum tidur.” Kata gue dalem hati.

Di depan pintu, gue memasang wajah siap2 mau ngasih kejutan gaes. Pikir gue, dia passsti seneng gue bawain baso sama jus alpuket kesukaannya.

Dua menit telah berlalu. Pintu belum juga dibuka. Wajah siap2 mau ngasih kejutan, udah berubah jadi wajah siap2 ngedobrak pintu.

“Tok tok tok.” “Dinda sayanggg.” Kata gue dengan suara yang lebih keras.

“Heeuhhhh.”

“Lah? Kok heeuhhhh sih? Bukain pintu!” Gue kesel.

“Buka aja sendiri.”

“Buka aja sendiri gimana?! Kan dikonci dari dalem?!” Gue udah ngambil ancang2 gaes.

“Heeuhhhh.”

“Ciaaatttttt!!!!!!!!!!!!!!”

Besok paginya, selepas mengucap salam di sholat shubuh, seperti biasa Dinda langsung salim ke gue. Setelah salim, dengan wajah ceria dia bilang gini.

“Kanda Kanda Kanda, tadi maap yaaa. Gak tau kenapa seharian ini Dinda sebel sama Kandaaa. Tapi sekarang udah nggak kok. Kanda gak apa2 kan?” Dinda senyum2.

“Nggak apa2 Dinda. Kanda gak apa2.” Jawab gue sambil mimisan.

Di awal2 paragraf, gue bilang bahwa ada satu nikmat dari Allah yang sering lupa gue syukuri, yaitu, nikmat punya istri yang baik, walaupun kelakuannya absurd.

Ya. Walaupun kelakuan istri gue absurd kayak yang udah gue ceritain barusan, tetapi, istri gue ini baik banget loh gaes. Serius. Seinget gue, gue udah 11 tahun berumah tangga sama dia. Dan selama 11 tahun berumah tangga, gak pernah sekalipun dia ngeluh ke gue, atas apapun yang terjadi di rumah tangga kami. Contohnya kayak cerita berikut ini.

Beberapa hari yang lalu, gue stalking2 pesbuk istri gue. Gue pengen tau, selama beberapa hari ini dia posting apaan aja sih di pesbuk. Ketika gue lagi scroll2 timeline istri gue, tiba2 gue ngeliat ada satu postingan dia, yang judulnya nggak banget. Judul postingannya, ‘BALADA BEHA MIRING’. Di posting waktu tanggal 8 Oktober 2018.

Pas baca judulnya, dalem hati gue, “Apaan nih, BALADA BEHA MIRING? Kayak judul film Rhoma Irama, BALADA GITAR TUA? Apa jangan2 ini lanjutannya ya?” Wkwkwk!

Gue mikir sebentar, terus lanjut lagi ngomong dalem hati. “Tapi kalo ini lanjutannya, apa hubungannya GITAR TUA sama BEHA MIRING? Apa gara2 behanya nyangkut di gitar tua, terus jadi miring? Tapi, gimana ceritanya ada beha bisa nyangkut di gitar tua? Kok gue jadi pusing ya?” Wkwkwk!

Karena penasaran sama judul postingan tersebut, akhirnya gue baca tuh BALADA BEHA MIRING. Gue baca paragraf awal, gue ketawa. Baca lagi ke paragraf tengah, gue ketawa lagi. Sampe akhirnya, gue baca paragraf akhir. Dan gue ngakak so hard gaes. Sumpah lucu banget postingannya. Cek pesbuk istri gue aja kalo gak percaya.

Abis ngakak so hard, gue diem gaes. Gue ngerasa, kok kayak ada kalimat yang bikin dada sebelah kiri gue nyesek ya? Kalimat yang mana ya?

Gue scroll lagi ke atas buat baca ulang postingan istri gue. Gue baca, gue baca, dan akhirnya ketemu.

Di paragraf tengah, ada satu kalimat yang ditulis oleh istri gue, yang bikin dada gue nyesek. Isinya begini gaes.

“Ya, beha saya emang udah pada miring pemirsah. Udah gak layak pandang, beneran.”

Terus gue scroll lagi postingan istri gue ke bawah, dan gue ketemu sama kalimat ini.

“Dan buat saya, pake beha atau ngga pake beha, yang penting suami suka sama isinya, bukan sama behanya.”

Selesai membaca postingan istri gue, gue langsung bergegas menuju kamar.

(Di dalam kamar)

Gue membuka pintu lemari pakean, tempat baju2 istri gue bersemayam. Begitu pintu lemarinya kebuka, mata gue langsung fokus mencari BH gaes.

Gue cari di ruang sebelah kiri, gak ada, isinya baju2 panjang istri gue lagi digantung. Gue cari di rak kanan atas, gak ada juga, isinya kaos istri gue. Gue cari di rak bawahnya, isinya celana jeans istri gue. Di rak bawahnya lagi, isinya kerudung istri gue.

Terus pakean gue di mana?

Di rak yang paling bawah, gaes. Mojok pakean gue mah. Segala kemeja, kaos, celana jeans, kolor, sempak, kaos kaki, pokoknya semua yang punya gue, numpuk di rak paling bawah. 90% isi lemari dikuasai oleh istri gue semua. Padahal itu lemari gue yang beli loh gaes. Kenapa dia yang nguasain ya? Wkwkwk!

Kembali ke BH.

Setelah gue cari2, ternyata BH istri gue ada dibelakang tumpukan kerudung gaes. Alhamdulillah ketemu, gue senengggg banget. Seumur2, gue baru pernah seseneng itu ketemu BH.

Gue mengambil beberapa BH istri gue dari dalam lemari, kemudian gue perhatiin satu2. BH yang item gue jembrengin, gue perhatiin talinya, pengen tau, beneran miring apa kagak kayak yang istri gue ceritain di postingan.

Setelah gue perhatiiin, ternyata bener gaes. Talinya udah panjang sebelah. Duh ya Allah, sedih banget gue.

Terus gue lanjut meriksa BH yang merah. Gue perhatiin talinya, gue perhatiin kaitannya. Dan ternyata kaitannya udah ada yang copot gaes. Harusnya kan tiga baris ya, sekarang tinggal dua baris. Barisan yang pertama bubar jalan.

Terakhir, gue meriksa BH yang loreng. Gue perhatiin talinya, gue perhatiiin kaitannya, dan gue perhatiiin busanya. Gue pencet2, gue remes2. Dan ketika gue remes2, ternyata ada kawat yang nongol dari busa yang gue remes gaes. Kaget gue.

Kirain gue jebakan.

Gue keluar kamar dengan perasaan sedih. Sedih, karena selama ini gue gak perhatian sama BH istri gue. Gue cuma perhatian sama isinya doang. Suami macem apa gue ini ya Allah. Astaghfirullahal’adziim.

Pantesan selama ini kalo pengen yuhu, istri gue selalu matiin lampu. Tadinya gue pikir supaya hemat listrik. Eh gak taunya, supaya gue gak ngeliat kondisi BH nya. Gue sama sekali gak nyadar.

Bodoh bodoh bodoh!

Gue keluar dari toko percetakan gue, menuju lapak bakmi gue. Di situ, ada istri gue lagi maen sama anak gue yang paling bontot, Piyuy namanya.

“Dinda.” Kata gue lemes.

“Kenapa sayang?” Tanya istri gue.

“Dinda kok gak pernah cerita soal BH Dinda ke Kanda?”

“Hah? BH?” Isti gue melongo.

“Iya. Ternyata BH Dinda udah pada rusak ya?”

“Ohhhh, ituuu, wkwkwk!” Dinda ngakak so hard. “Ya ngapain cerita sayang, orang masih bisa dipake kok, wkwkwk!”

“Tapi kan udah pada rusak. Kok gak cerita sih?”

Dinda tersenyum. “Karena Dinda gak mau nyusain Kanda, sayang.”

Brrrrr, aer mata gue langsung berlinang.

Gue mengajak istri gue ke Mol KCP buat belanja BH. Awalnya dia nolak, tapi karena gue paksa, akhirnya dia mau.

.

(Di Mol)

Istri gue memilih2 BH dengan bahagianya. Gue juga.

“Kanda Kanda Kanda, yang ini bagus gakkkkk?” Tanya istri gue sambil nyengir2, memamerkan BH bermotif zebra.

“Bagus sayang. Bikin Kanda jadi berasa pengen nyebrang.” Jawab gue asal.

“Ih Kandaaaaa…” Monyong lima senti.

“Wkwkwk!” Gue ngakak so hard.

“Kalo yang ini, bagus gakkkkk?” Kali ini memamerkan BH bermotif spiral.

“Aduh, aduh…” Gue gontai.

“Kanda kenapa Kanda?!” Dinda kaget, terus megangin gue.

“Kanda, kehipnotis BH. Wkwkwk!” Gue ngakak so hard lagi.

“Ih Kandaaaaaa…” Makin monyong. “Abis yang mana dongggg?”

“Yang itu.” Gue menunjuk satu BH berwarna hitam yang dipajang di atas rak.

Istri gue mendekatkan mulutnya ke telinga gue, kemudian berbisik. “Yang itu mahal banget Kanda, sayang duitnya.”

Gue mendekatkan mulut gue ke telinga istri gue, kemudian berbisik. “Tapi isinya jauh lebih mahal Dinda, harus dijaga. Udah sana, ambil aja. Kanda yang bayar.”

“Ahhhhh Kandaaaaa….” Dinda langsung memeluk gue di depan barisan BH.

BH BH pada tepuk tangan.

Gaes, begitulah istri. Demi menjaga perasaan suaminya, dia rela menahan keinginannya, dia rela menyembunyikan keluhannya. Istri, selalu menerima suami, apa adanya.

Waktu usaha gue bagus, istri gue gak banyak permintaan. Waktu usaha gue bangkrut, istri gue gak banyak keluhan. Dan waktu gue banyak utang kayak sekarang, istri gue gak pernah sekalipun pergi ninggalin gue. Karena apa?

Karena semua utang gue, pake nama dia. Wkwkwk!

Sungguhlah, setelah seorang Ibu, wanita yang paling baik kepada kita adalah, seorang istri. Maka jangan sia2kan dia ya gaes. Sayangi dia, seperti dia menyayangi kita. Terima dia, seperti dia menerima kita. Apa adanya.

Terima kasih ya Allah, telah mengarunia hamba istri yang baik. Alhamdulillah. (Bret Pitt)

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here