Bisakah Kalian Menghitung 100 Juta Butir Beras? Ini Cara Cepatnya

0
400
views
Ilustrasi menghitung beras

befren.com –  Kadang ini adalah hal yang sangat konyol dan tidak masuk akal, dapat tugas pekerjaan rumah menghitung beras, ngitung beraspun tidak hanya 10 butir atau 20 butir beras. Tidak tanggung-tanggung guru ini memberikan PR menghitung beras sampai 100 juta butir beras woww.. Jika memang dihitung secara serius, perlu waktu yang panjang bahkan mungkin hingga satu tahun.

Tujuannya adalah mengevaluasi sejauh mana murid mengerti pelajaran tersebut. Kelemahan sistem ini adalah, tugas hanya dijadikan evaluasi murid, namun tidak dijadikan evaluasi oleh guru. Ketika ada murid yang nilai tugasnya rendah, guru hanya ngomel dan bukan mencari teknik pengajaran yang lebih baik.

Selain itu, PR ini juga membantu siswa untuk melatih kesabaran. Jika murid yang tidak sabar mungkin hal semacam ini ibarat beban yang sangat berat dan pekerjaan yang hanya buang-buang waktu saja.

Hal ini memang diterapkan oleh  oleh seorang guru sekolah dasar di Foshan, China. Guru Matematika bernama Su ini memberi tugas kepada murid kelas 4 SD untuk menghitung butir beras sampai mencapai 100 juta dalam waktu dua hari.  Satu bulan belum tentu bisa, ini malah ditaget selesai dalam jangka dua hari, hal yang sangat imposible. Tentu saja kebanyakan murid langsung ternganga mendengar tugas super duper aneh itu.

Sayangnya, apa yang dilakukan Su ini justru memancing perdebatan. Pasalnya, guru mata pelajaran matematika ini memberikan PR kepada anak didiknya berupa menghitung 100 juta butir beras.

Oleh beberapa orang, tugas yang diberikan oleh Su itu dinilai sebagai bentuk penyiksaan kepada anak didiknya. Namun, ada pula yang berpikir sebaliknya bahwa apa yang dilakukan Su bermaksud mendorong para siswanya untuk berpikir  tajam, kritis, dan kreatif.

Banyak netizen menduga guru itu sedang mengajarkan materi brainteaser (asah otak). Sebagian lainnya menyatakan butuh waktu lebih dari berbulan-bulan untuk melakukannya.

Ketika ditanya mengapa memberikan konsep PR semacam itu, Su menuturkan hanya ingin membuat murid-muridnya memahami konsep ‘100 juta’.

Teknik menghitung beras sampai 100 juta adalah dengan cara menghitung 100 butir beras terlebih dahulu. Setelah itu, beras itu akan ditimbang dan dilipatgandakan berkali-kali. Misalnya, 100 butir beras pertama beratnya 1 ons. 200 butir beras menjadi 2 ons. 400 butir menjadi 4 ons, dan begitu seterusnya hingga mencapai 100 juta butir beras.

Dengan begini, kreativitas dan kesabaran murid-murid akan lebih dipacu untuk memecahkan masalah. Nyatanya, 10 orang murid berhasil menangkap makna di balik tugas ini dan berhasil menyelesaikannya dengan baik

Sampai saat ini dari 40 murid kelasnya, hanya 10 orang yang berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan. Mereka menyadari jika gurunya tak meminta mereka untuk benar-benar menghitung beras sampai 100 juta butir, tapi mencari cara tercepat untuk menghitung beras hingga mencapai 100 juta. Jadi, tugas ini lebih mirip dengan permainan asah otak.

Tugas dari guru ini mengajarkan kepada kita untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah dalam kehidupan. Jangan langsung berkata mustahil jika belum mencobanya, Tapi jangan hanya mencoba terus tanpa berpikir peraslah otakmu mencari jalan keluar terbaik dari masalah tersebut.

 

 

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here