AI: The Somnium Files

0
125
views

befren.com – Karakter utama AI, detektif Kaname Date, bukanlah manusia. Atau binatang, dalam hal ini, kecerdasan buatan feminin yang snarky, quirky, bertenaga super dalam bentuk bola mata – bernama Aiba – yang hidup di rongga mata kirinya dan memiliki koneksi langsung ke otaknya. Dan dia juga membantu dengan mentransformasikannya menjadi bentuk avatar humanoid untuk menjelajahi dunia impian berbagai karakter yang Anda temui di sepanjang permainan.

Pasti konsep yang menarik. Syukurlah, cerita detektif fiksi ilmiah masa depan yang akan datang yang disampaikan AI: the Somnium Files sesuai dengan janji akan premis uniknya, menghadirkan petualangan hebat berbasis dialog.

Date adalah detektif untuk rahasia, divisi kepolisian Tokyo eksperimental yang disebut “ABIS”. Ketika tubuh mantan istri sahabatnya ditemukan dipajang di sebuah taman hiburan yang ditinggalkan, Date segera menemukan dirinya terseret dalam penyelidikan yang kompleks untuk menemukan pelakunya sebelum mereka menyerang lagi. Sepanjang jalan, ia melintasi jalur dengan kepribadian internet yang naik-turun yang ceria, penggemar fanatiknya, kelompok Yakuza, politisi korup, dan putri muda korban, menarik, dengan kepribadian yang menyeramkan. Dan itu bahkan tidak menyebutkan kepribadian paling aneh dari mereka semua: Aiba, pasangan AI-nya yang cerdas dan tajam dan percaya diri dalam mengeksplorasi kasus ini.

Memiliki AI yang cekatan dan terus-menerus memasukkan komentar ke dalam otak Anda mungkin terdengar mengerikan, tetapi Aiba datang dengan beberapa keterampilan khusus untuk membantu Date dengan penyelidikannya: penglihatan sinar-X, penginderaan panas, zoom untuk memeriksa tempat-tempat yang jauh, dan bahkan kemampuan untuk membantu Date dalam pertarungan gaya-waktu yang cepat. Tapi peran terbesar Aiba adalah membantu Date mendapatkan informasi dari berbagai karakter dengan bertindak sebagai avatar di dunia impian mereka. Ketika interogasi menjadi sulit, staf ABIS menghubungkan subjek ke mesin Psync, yang memungkinkan Date dan Aiba untuk mengeksplorasi dunia mimpi “somnium” bawah sadar subyek mereka untuk mengungkap petunjuk dan rahasia yang sangat tersembunyi (dan kadang-kadang dilupakan) rahasia.

Gameplay di bagian eksplorasi dan investigasi AI: File Somnium mengikuti gaya permainan petualangan point-and-klik yang cukup khas: Anda melihat benda-benda di lingkungan untuk petunjuk dan berbicara dengan karakter dengan membuat komentar dan mengajukan pertanyaan. Namun, cara AI menangani bagian-bagian ini membuat Anda lebih kecil kemungkinannya untuk terjebak daripada di game petualangan lainnya. Anda hanya diberi pilihan untuk pindah ke area baru setelah Anda melakukan semua yang diperlukan untuk memajukan cerita di satu lokasi tertentu, yang memastikan Anda tidak perlu mundur atau khawatir bahwa Anda kehilangan sesuatu yang penting. Jika Anda tidak dapat pindah ke peta, Anda tahu masih banyak yang harus dilakukan.

Sementara menjelajahi berbagai lingkungan akan menghasilkan sejumlah petunjuk yang adil, interaksi yang dilakukan Date dengan berbagai karakter (dan reaksi Aiba terhadap interaksi itu) yang benar-benar menggerakkan misteri memutar AI. Setiap karakter yang berinteraksi dengan Anda adalah unik dan mudah diingat dengan caranya sendiri. Ada Iris, idola internet bercita-cita ceria yang kepribadian nakal menyebabkan Date banyak kekhawatiran; Ota, penggemar setia Iris, jadi, seorang politisi berlendir dengan bagian rahasianya yang adil; Boss dan Pewter, dua kepribadian eksentrik yang bekerja dengan Date di ABIS; dan Mizuki, putri teman Date dengan sikap dan kekuatan yang buruk melebihi usianya.

Ada banyak lagi wajah menarik yang akan Anda temui, masing-masing dengan peran penting dalam cerita dan kepribadian yang kuat untuk dicocokkan. Desain karakter yang sangat baik oleh Yusuke Kozaki (Fire Emblem Awakening, No More Heroes) juga memberikan masing-masing NPC elemen visual yang mencolok agar sesuai dengan penokohan mereka yang berbeda.

Pada titik-titik tertentu dalam cerita, Anda menemukan mode permainan lain, seperti adegan interogasi di mana Anda menyajikan bukti untuk karakter dan adegan aksi yang melibatkan penekanan tombol gaya acara waktu cepat untuk membantu Date menangkis ancaman. Namun, bagian paling penting dari permainan terjadi ketika Date menggunakan mesin Psync untuk menjelajahi dunia somnium karakter lain. Menggunakan Aiba sebagai avatar, Anda berinteraksi langsung dengan elemen-elemen dalam dunia mimpi yang tidak nyata, tidak logis, dan seringkali sangat mengganggu dengan setiap tindakan yang ia lakukan menghabiskan waktu yang berharga. Jika Date dan Aiba tidak dapat menyelesaikan teka-teki di somnium dalam batas waktu, mereka akan dikeluarkan, dan Anda harus memulai eksplorasi somnium dari awal.

Memecahkan teka-teki untuk maju dalam somnium melibatkan melakukan tindakan tertentu dalam urutan tertentu pada objek tertentu – dan karena ini aneh, sering mimpi yang tidak logis, kadang-kadang solusinya tidak jelas atau berjalan bertentangan dengan akal sehat. Anda dapat memperoleh dan menggunakan item yang disebut TIMIEs untuk membantu menghemat waktu, tetapi jika waktu semakin pendek, opsi terbaik Anda mungkin untuk memulai kembali. Ini melibatkan pengulangan banyak tindakan dan dialog yang sama untuk kembali ke tempat Anda sebelumnya, tetapi melewatkan semua tindakan sebelumnya yang menghabiskan waktu yang Anda coba sebelumnya. Jika Anda tidak ingin menyelesaikan seluruh acara, Anda dapat kembali ke pos pemeriksaan dalam somnium untuk mencoba dan menghemat waktu dengan hanya melakukan tindakan yang diperlukan.

Namun, Anda hanya dapat melakukan ini hingga tiga kali sebelum Anda dipaksa untuk memulai kembali. Yang membuat ini lebih buruk adalah bahwa kadang-kadang Anda dibebani dengan TIMIE hukuman waktu dari tindakan tertentu, yang berarti bahwa tindakan Anda berikutnya akan menghabiskan banyak waktu secara signifikan lebih banyak daripada biasanya dan bahkan mungkin menyebabkan situasi yang tidak dapat dimenangkan.

Akibatnya, batas waktu enam menit akhirnya menjadi sumber stres, membuat Anda tidak bisa menjelajahi dan menghargai lingkungan dreamscape yang dikerjakan dengan baik sebanyak yang Anda suka dan kadang-kadang berdiri sebagai penghalang jalan untuk lebih lanjut memajukan cerita.

Selain mengungkapkan cerita penting, rangkaian somnium memiliki tujuan penting lain: Bergantung pada tindakan Anda dalam somnium, keseluruhan cerita akan bercabang di salah satu dari banyak jalur potensial yang berbeda, dengan berbagai peristiwa yang terjadi di setiap cabang cerita. Hanya dengan melihat semua kemungkinan berbagai kisah, baik dan buruk, seluruh kebenaran di balik kisah AI terungkap. Untungnya, Anda dapat melompat ke berbagai titik di saga permainan (dan memutar ulang urutan somnium) kapan pun Anda inginkan, sehingga Anda dapat menyingkirkan satu cabang cerita dan mengambil yang lain kapan pun Anda mau – meskipun akan ada hambatan di beberapa titik jika titik plot tertentu belum terungkap. Saat berbagai cabang cerita memberikan informasi yang menggoda dan mengungkap lebih banyak tentang masing-masing karakter utama, Anda merasa seperti Anda menyatukan puzzle yang rumit, yang membuatnya lebih memuaskan ketika kejaiban terjadi.

Meskipun kadang-kadang frustrasi dalam menjelajahi lanskap mimpinya, seluruh AI: File Somnium akhirnya menjadi pengalaman yang menyenangkan, mendebarkan, dan menarik. Cerita ini dipenuhi dengan liku-liku yang menarik dan kejutan yang mengejutkan, dan karakter serta menginspirasi Anda untuk peduli tentang apa yang terjadi pada mereka.

Dunia mimpi somnium menambahkan lapisan horor psikologis pada misteri yang sedang berlangsung, dan interaksi terus-menerus Date dan Aiba yang konstan memberikan kesembronoan untuk membuat setiap penyelidikan menjadi lebih lucu. Kisah detektif AI yang tidak konvensional adalah kisah yang tidak akan Anda lupakan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here