Mengapa Shri Krishna Tidak Pernah Menikah dengan Radha

0
80
views

befren.com – Bahkan saat ini, ketika orang mengunjungi Braj Bhoomi, nyanyian Radhe Radhe bergema di telinga mereka. Mathura adalah Shri Krishna Janma Bhoomi, yang berarti tempat kelahiran Sri Krishna.

Mathura, Vrindavan, dan wilayah Gokul yang berdampingan adalah bagian dari Braj Bhoomi yang terkait dengan kehidupan awal Shri Krishna. Namun, para penyembah memanggil Radha atau mengambil nama Krishna sebagai RadheKrishna, yang berarti Krishna Radha. Oleh karena itu, nama Radha dan Krishna diucapkan dalam satu nafas, seolah-olah mereka tidak berbeda tetapi satu entitas.

Menariknya, Dewa Wisnu lahir di bumi sebagai Krishna untuk melenyapkan raja iblis bernama Kamsa, dan akhirnya memberikan Bhagavad Gita kepada Arjuna, wakil umat manusia. Dan selama tinggal di Prithvi Loka, Shri Krishna tidak menikahi Radha. Sebaliknya, ia menikahi Rukmini dan Satyabhama. Oleh karena itu, para penyembah bertanya-tanya mengapa Krishna tidak pernah menikahi Radha, yang sangat dia cintai, dan orang yang mencintainya.

Berbagai teori menjawab pertanyaan ini. Menurut salah satu filosofi, Radha dan Krishna tidak pernah merupakan dua entitas. Faktanya, mereka adalah satu. Oleh karena itu, ketika Krishna dan Radha menjadi satu, bagaimana mereka bisa menikah?

Menurut kepercayaan lain, Radha mewakili Jeevatma sedangkan Shri Krishna adalah Paramatma. Cinta tanpa pamrih Radha adalah bentuk pengabdian tertinggi. Dan karena itu, dia bergabung menjadi Shri Krishna dengan menyerahkan dirinya. Oleh karena itu, karena dia telah bersatu dengannya, tidak muncul kebutuhan untuk menikah.

Dan jika legenda lain yang terkait dengan Radha dan Krishna adalah sesuatu yang harus dilalui, maka keduanya tidak bisa menikah karena perpisahan. Radha dan Krishna dipisahkan karena kutukan Shridhama.

Shridhama adalah seorang teman dan pemuja Shri Krishna, yang percaya bahwa Bhakti (pengabdian) lebih tinggi dari Prem (hidup). Oleh karena itu, dia tidak ingin orang-orang menggunakan nama Radha sebelum nama Krishna. Suatu hari, Shridhama sangat marah dengan Radha sehingga dia mengutuknya dengan mengatakan bahwa dia akan kehilangan ingatannya dan melupakan semua tentang Krishna. Jadi, dengan mengatakan demikian, dia mengirimnya ke Patal Loka selama seratus tahun. Kebetulan, peristiwa ini terjadi segera setelah Dewa Brahma meminta Kresna untuk terlahir di bumi sebagai avatar kesembilan Dewa Wisnu. Oleh karena itu, Kresna tidak menikahi Radha.

Teori lain menyatakan bahwa Kresna dikaitkan dengan Radha untuk menceritakan pentingnya dan kekuatan cinta. Dunia tidak akan ada jika tidak ada cinta, dan karenanya, ikatan Radha dan Krishna menunjukkan kekuatan emosi ini.

Dipercaya juga bahwa pernikahan Radha dan Krishna tidak terjadi karena mereka ingin mendefinisikan arti cinta yang sebenarnya. Mereka mencoba memberi tahu dunia bahwa cinta bukanlah tentang menerima tetapi berkorban. Oleh karena itu, cinta sejati tidak terikat oleh suatu kesepakatan, tetapi berkembang saat dibebaskan.

Dan yang tak kalah pentingnya, hubungan Radha dan Krishna bersifat spiritual. Itu di atas kesenangan duniawi, aturan dan hukum. Mereka telah bersatu secara rohani, dan karenanya tidak perlu menikah.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here