Bijak Dalam Menabung Emas

0
158
views

Sekitar satu sampai dua Minggu yang lalu, banyak postingan mengenai asuransi. Banyak yang merasa dirugikan. Niat hati ingin menabung untuk masa depan, ternyata malah merugi.

Ada beberapa opsi dari komentar yang menyatakan lebih baik menabung emas. Saya ingin berbagi pengalaman tentang dunia per-emas-an yang saya ketahui.

Menabung emas, artinya Anda menabung untuk jangka waktu yang panjang jika ingin mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang dimaksud adalah naiknya uang dari naiknya harga emas yang kita beli.

Jika Anda membeli emas dan berharap bisa untung dengan cepat, sepertinya Anda harus berpikir ulang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menabung emas.

1. Pastikan Anda membeli emas dari toko yang sudah dipastikan baik. Jangan menghilangkan surat pembelian dari toko. Surat emas harus disimpan baik baik. Tanpa surat pembelian, harga emas malah menjadi turun dari harga jualnya. Kecuali harga emas naik banyak.

2. Lebih baik membeli perhiasan emas yang tidak memiliki variasi permata. Karena permata menambah berat emas saat dibeli, tapi permata tidak akan menambah berat saat dijual. Artinya permata tidak akan dihitung saat dijual. Kecuali permata berlian. Mohon maaf, saya tidak mengetahui tentang berlian.

3. Ada 2 jenis emas dalam perhiasan emas yang saya ketahui. Emas muda dan emas tua. Pembedanya ada pada kadar emasnya. Emas murni 24 karat, tidak dijual dalam bentuk perhiasan. Biasanya dijual dengan nama emas Antam. Dan tidak mungkin dijual kurang dari puluhan gram.
Emas tua yang biasa kita beli dalam bentuk perhiasan, sebenarnya hanya 18 karat. Katakanlah emas 24 karat kita taruh dalam 100%, maka emas tua perhiasan hanya 70-80%. Tergantung pembuatnya. Pembuat ini bisa jadi pabrik, bisa jadi tukang k-emas-an, orang yang membuat perhiasan secara industri rumah tangga.
Emas muda perhiasan, memiliki 35-40% kadar emasnya. Saran saya lebih baik beli perhiasan emas tua.

4. Perhatikan kode pada perhiasan. Di setiap perhiasan, pasti ada kode tersembunyi sebagai petunjuk awal mengetahui kadar emasnya.
Contoh pada cincin, di dalam lingkar dalam nya akan ada tulisan kombinasi angka dan huruf. Misal 750 untuk emas tua, 420 untuk emas muda.
Ada banyak kombinasi kode, tapi fokus pada angkanya, 750 artinya kadar emas berada 70-75%. Biasanya hanya sampai 72%. 420 artinya kadar emas berada 37-39%, biasanya hanya sampai 37%.
Sampai disini paham kan, kalau kadar emas berada sekitar lebih rendah dari kode angka yang ada di perhiasan.
Untuk kalung, kode biasanya ada pada sambungan belakang kalung. Untuk gelang juga begitu.

5. Perhatikan surat pembelian secara seksama. Di sana tertulis jelas jenis perhiasan, berat, merk dan kode perhiasan. Bahkan juga dengan gambar nya kadang kadang.
Tanyakan berapa persen potongan jika barang dikembalikan jika harga emas stabil. Biasanya ada yang 5%, 10%, 15%,20%, tergantung model dan kebijakan toko.
Pastikan, potongan harga yang disetujui tertulis di surat pembelian. Sekali lagi jika harga emas stabil. Jika harga emas naik banyak, pasti nilai perhiasan bisa lebih dari nilai beli.

6. Pilihlah perhiasan dengan model yang minimalis. Perhatikan apakah kuat dan ringkihnya perhiasan. Perhiasan yang tipis dan ringkih, bisa cepat rusak. Jika rusak, tidak perlu ditanyakan lagi, pasti rugi.
Lebih baik memilih model yang kecil tapi padat dan kokoh, daripada yang kelihatan besar lebar tapi tipis.

7. Ketika hendak menjual perhiasan emas kembali, pastikan Anda tahu lebih dulu berapa harga emas saat itu. Bisa bertanya lebih dulu pada orang yang baru saja membeli.

8. Harga emas naik, bukan berarti perhiasan Anda dibeli seharga nilai jual yang baru.
Ingatlah barang Anda termasuk barang bekas pakai, jadi meskipun naik nilainya dari harga beli, tidak mungkin sama dengan nilai yang toko jual saat itu.

Sekali lagi, ini untuk perhiasan emas, bukan emas Antam atau logam mulia. Karena untuk beli emas tersebut, butuh setidaknya puluhan gram. Dan uangnya jelas banyak.

Penjelasan saya ini untuk menabung emas secara sedikit demi sedikit ya. Misal tiap bulan ada uang 1.000.000, bisa ditabung kan dengan membeli perhiasan emas berupa cincin. Jika memang niatnya untuk menabung, bukan untuk pamer. Biarlah menabung cincin cincin banyak. Akan tiba saatnya nanti akan untung.

Yakinlah, untuk jangka waktu panjang, emas bisa sangat menguntungkan. Lebih lebih jika yang dibeli emas Antam. Jangankan bertahun tahun, baru seminggu juga bisa untung jika memang harga emas Antam naik.

Penulis: Endang Kurniawati

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here