Peninggalan Kursi Roda Fisikawan Stephen Hawking Terjual Rp 5,7 Miliar

0
277
views
Peninggalan Kursi Roda Fisikawan Stephen Hawking

befren.com – Peninggalan berupa kursi roda bermotor yang digunakan oleh fisikawan Inggris kontemporer Stephen Hawking, terjual di lelang dengan harga hampir 300.000 pound (Rp 5,7 miliar) dalam sebuah acara lelang buat amal.

Dalam karyanya Hawking memperluas konsep-konsep teorema singularitas yang dijelaskan dalam tesis doktoralnya. Perluasan konsep ini mencakup eksistensi singularitas serta teori bahwa alam semesta itu sendiri berawal dari singularitas. Esai mereka menjadi finalis lomba Gravity Research Foundation tahun 1968. Tahun 1970, mereka mengumumkan bukti bahwa apabila alam semesta mematuhi teori relativitas umum dan pas dengan semua model kosmologi fisik Alexander Friedmann, alam semesta pasti berawal dari singularitas (ketunggalan). Pada tahun 1969, Hawking menerima anugerah Fellowship for Distinction in Science di Caius

Terkenal dengan karyanya yang menjelajahi asal-usul alam semesta, Hawking meninggal pada bulan Maret lalu pada usia 76 tahun setelah menghabiskan sebagian besar hidupnya pada kursi roda karena penyakit saraf motorik yang membuatnya lumpuh.

Beberapa barang-barangnya termasuk esai, medali, penghargaan dan salinan bukunya “Sejarah Singkat Waktu” yang ditandatangani dengan cap jempol terjual online pada hari Kamis kemarin bersama surat dan manuskrip milik Isaac Newton, Charles Darwin dan Albert Einstein.

Disertasi 117-halaman Hawking “Properties of expanding universes” yang dia buat tahun 1965 terjual seharga 584.750 pound atau Rp 11,1 miliar, jauh di depan perkiraan awal sebesar 150.000 pound.

Medali dan penghargaan Hawking terjual seharga 296.750 poundsterling atau Rp 5,6 miliar, dibandingkan dengan perkiraan awal sebesar 15.000 poundsterling, sementara kursi roda bermotor merah dijual seharga 296.750 poundsterling, juga dibandingkan dengan perkiraan 15.000 poundsterling.

Balai lelang Christies menjalankan lelang online selama sembilan hari yang disebut “On the Shoulders of Giants” untuk mengumpulkan uang untuk Stephen Hawking Foundation dan Motor Neurone Disease Association..

Balai lelang Christies juga menawarkan para penggemar fisikawan yang dikenal karena synthesizer suara elektroniknya kesempatan untuk membeli sebagian dari harta miliknya.

Stephen Hawking adalah seorang tokoh besar di seluruh dunia. Dia memiliki kemampuan luar biasa untuk berhubungan dengan orang-orang,” kata Thomas Venning, kepala Departemen Buku dan Manuskrip di rumah lelang Christie’s London, menjelang acara lelang tersebut.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here