Jepang Membatasi Ekspor ke Korea Selatan

0
43
views

befren.com – Perang dagang telah meluas, tidak lagi hanya Amerika Serikat dengan China, juga dua negara ekonomi besar Asia lainnya. Kepentingan nasional di bidang teknologi, membuat Jepang memberlakukan pembatasan ekspor terhadap industri teknologi Korea Selatan.

Perekonomian Jepang tengah bermasalah. Pasalnya, pertumbuhan ekonominya atau produk domestik bruto (PDB) tak sesuai target dan harapan.

Seperti dilansir Reuters, perekonomian Jepang hanya mampu tumbuh 1,3 persen pada kuartal II atau dalam rangka waktu April-Juni.

Pertumbuhan itu tak sesuai dari target pemerintah yang bisa tumbuh sekitar 1,8 persen.

Pemerintahan Jepang pun akan merevisi target pertumbuhan terkait dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Untuk diketahui, Jepang juga sedang menghadapi perang dagang dengan Korea Selatan. Perang dagang keduanya pun sempat memanas.

Jepang membatasi beberapa ekspor bahan kimia ke Korea Selatan pada 1 Juli 2019 lalu.

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) tengah memikirkan langkah untuk membalas tindakan Jepang yang membatasi ekspor bahan baku teknologi tinggi ke Negeri Gingseng itu karena perselisihan terkait tenaga kerja paksa di masa perang dunia kedua.

Pembatasan ini dipicu dari hasil keputusam Mahkamah Agung Korea Selatan yang memerintahkan beberapa perusahaan Jepang untuk membayar ganti rugi terhadap korban tenaga kerja paksa Jepanh pada perang dunia II.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here