Biografi Jack Ma

0
1419
views

Jack Ma (lahir 10 September 1964, Hangzhou, provinsi Zhejiang, Cina), pengusaha Cina yang adalah kepala Grup Alibaba, yang terdiri dari beberapa situs Web paling populer di Tiongkok, termasuk pasar bisnis-ke-bisnis Alibaba.com dan situs belanja Taobao.com.

Ma menjadi tertarik pada bahasa Inggris ketika masih kecil, dan selama masa remajanya ia bekerja sebagai pemandu bagi turis asing ke Hangzhou. Ma gagal ujian masuk untuk Perguruan Tinggi Guru Hangzhou dua kali. (Kelemahannya adalah matematika.) Ia diterima pada percobaan ketiga, pada tahun 1984, dan ia lulus dengan gelar sarjana dalam bahasa Inggris pada tahun 1988. Dari tahun 1988 hingga 1993 ia mengajar bahasa Inggris di Institut Elektronika dan Teknik Hangzhou (sekarang Hangzhou Dianzi Universitas). Pada tahun 1994, ia mendirikan perusahaan pertamanya, Haibo Translation Agency, yang menyediakan terjemahan dan interpretasi bahasa Inggris.

Dalam perjalanan ke Amerika Serikat atas nama pemerintah kota Hangzhou pada tahun 1995, Ma melakukan pertemuan pertamanya dengan Internet dan melihat kurangnya situs web Tiongkok sebagai peluang bisnis yang besar. Sekembalinya, ia mendirikan China Pages, yang menciptakan situs Web untuk bisnis Cina dan merupakan salah satu perusahaan Internet pertama di China. Namun, dia meninggalkan perusahaan itu dua tahun kemudian, sebagian karena persaingan yang kuat dari perusahaan komunikasi Hangzhou Telecom, yang telah mendirikan perusahaan saingan, Chinesepage. Dari tahun 1998 hingga 1999 Ma adalah kepala perusahaan Internet di Beijing yang didukung oleh Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Ekonomi. Namun, dia merasa bahwa jika dia tetap bersama pemerintah, dia akan kehilangan peluang ekonomi yang dibawa Internet.

Ma membujuk timnya di kementerian untuk kembali ke Hangzhou bersamanya dan menemukan Grup Alibaba, yang meluncurkan situs Web yang memfasilitasi kesepakatan antara usaha kecil. Ma yakin bahwa pasar Internet bisnis-ke-bisnis-kecil memiliki potensi pertumbuhan yang jauh lebih besar daripada pasar Internet bisnis-ke-konsumen. Usaha kecil membayar biaya keanggotaan untuk disertifikasi sebagai penjual tepercaya di Alibaba, dengan biaya yang lebih besar dibebankan pada bisnis yang ingin menjual kepada pelanggan di luar China.

Pertumbuhannya cepat; pada 2005 Alibaba menarik perhatian portal Internet Amerika Yahoo !, yang membeli 40 persen saham, dan pada 2007 Alibaba.com mengumpulkan $ 1,7 miliar dolar dalam penawaran umum perdana (IPO) di Hong Kong.

Pada tahun 2003 Ma menciptakan perusahaan baru, pasar online konsumen-ke-konsumen Taobao (Cina: “mencari harta”). Pada saat itu, perusahaan Amerika eBay, bekerja sama dengan perusahaan China EachNet, memiliki pangsa pasar 80 persen, tetapi Ma merasa bahwa kebijakan eBay-EachNet untuk memungut pengguna biaya transaksi adalah kelemahan.

Taobao tidak membebankan biaya seperti itu tetapi menghasilkan uang dari iklan online dan penjualan layanan tambahan kepada pengguna. Intuisi Ma terbukti benar; pada 2007 Taobao memiliki 67 persen pangsa pasar, dan eBay mengakui kepemilikan mayoritas atas operasinya di China kepada perusahaan media berbahasa China TOM Group, yang menciptakan anak perusahaan TOM EachNet.

Pada tahun 2011 Ma mengumumkan bahwa Taobao akan dipecah menjadi tiga perusahaan: Taobao Marketplace, tempat individu dapat membeli dan menjual barang; Taobao Mall, portal belanja online; dan eTao, mesin pencari terkait belanja. Pada September 2014, Alibaba Group melakukan debut IPO di New York Stock Exchange yang mengumpulkan $ 21,8 miliar. IPO itu adalah yang terbesar di Amerika Serikat dan memberikan nilai pasar perusahaan sebesar $ 168 miliar, nilai tertinggi dalam sejarah IPO pada waktu itu untuk perusahaan Internet mana pun.

Pada bulan September 2018 diumumkan bahwa Ma akan mengundurkan diri sebagai ketua Alibaba pada tahun berikutnya, meskipun ia akan tetap menjadi anggota dewan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here