Biografi Bill Gates

0
42
views

Biografi
Bill Gates

 

  • Lahir : William Henry Gates III
    28 Oktober 1955 Seattle, Washington, Amerika Serikat
  • Tempat tinggal : Medina, Washington, Amerika Serikat
  • Kebangsaan : Amerika Serikat
  • Alma mater : Universitas Harvard (keluar)
  • Pekerjaan : Ketua Microsoft
    Ketua Corbis
    KetuaPendamping Bill & Melinda Gates Foundation
    Direktur Berkshire Hathaway
    CEO Cascade Investment
  • Kekayaan bersih : ▲ US$95,8 miliar (2018)
  • Suami/istri : Melinda Gates (m. 1994)
  • Orang tua : William H. Gates, Sr. Mary Maxwell Gates

 

 

Bill Gates memiliki nama lengkap William Henry Gates III yang merupakan anak kedua dari tiga suadara pasangan dari Wiliam Henry Gates dan Mary Maxwell. Ayahnya merupakan seorang pengacara perusahaan yang memiliki banyak relasi di kota sedangkan ibunya adalah seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.

Bill Gates merupakan seorang anak yang cerdas, namun karena ia terlalu penuh semangat ia cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Hingga saat ia masih berumur 11 tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School yang merupakan sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Disekolah itulah ia pertama kali berkenalan dengan komputer yaitu sekitar tahun 1968. Yang saat ini sistem komputer masih dalam bentuk teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.

Karena kecerdasan yang ia miliki, ia dapat dengan cepat menguasai sebuah bahasa pemograman BASIC. Bersama para hacker ia belajar secara otodidak di Lakeside, bahkan ia melewatkan waktu berjam-jam untuk menulis progam, melakukan permainan dan secara umum lebih banyak mempelajari tentang komputer. Hingga salah seorang guru memberikan julukan Seorang eksentrik kepada Bill Gates.

Pada tahun 1975, Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambrige. Di Harvard ia kembali bertemu dengan Paul Allen yang merupakan teman waktu bersekolah bersama-sama. Bersama Paull Allen, mereka terus mengembangkan talentanya dalam bidang pemograman komputer. Hal tersebut pula yang membuat Bill Gates memutuskan keluar (Drop Out) dari Universitas nya untuk menyumbangkan waktunya ke Microsoft.

Antusias Mendirikan Perusahaan


CPU Intel 8080 diluncurkan

Menjelang akhir masa hukuman, keempatnya malah ditawarkan untuk menemukan bug lain di perangkat lunak CCC dengan imbalan waktu tambahan untuk penggunaan komputer. Di kantor CCC inilah Gates mempelajari kode sumber berbagai program, termasuk program yang ditulis dalam bahasa FORTRAN dan LISP. Ia dan kawannya bekerja di sana hingga tahun 1970 ketika CCC ditutup karena bangkrut.

Pada tahun berikutnya, Information Sciences, Inc. mempekerjakan empat siswa Lakeside tersebut untuk menulis program pembayaran gaji dalam bahasa COBOL dan memberikan royalti untuk penjualan program tersebut sebagai tambahan hak akses ke komputer perusahaan. Gates juga mendapat pekerjaan tambahan ketika sekolah memintanya untuk membuat program pengatur jadwal kelas siswa. Gates memanfaatkan ini dengan mengubah sebagian program agar ia ditempatkan di kelas yang didominasi perempuan.  Pada usia 17 tahun, Gates dan Allen mendirikan Traf-O-Data yang fokus pada sistem penghitung lalu lintas yang berbasis prosesor Intel 8008.

Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973. Setelah itu ia mengambil tes SAT dan mendapatkan skor yang sangat tinggi, yaitu 1590 dari 1600. Dengan nilai itu, ia diterima di Harvard College di mana ia bertemu dengan Steve Ballmer yang kelak menggantikan Gates sebagai CEO Microsoft. Pada tahun keduanya di Harvard, Gates merancang sebuah algoritme untuk penyortiran panekuk sebagai solusi atas satu dari serangkaian masalah yang belum terpecahkan dalam kelas kombinatorika oleh Harry Lewis, salah seorang profesornya.

Solusi Gates memegang rekor sebagai versi tercepat selama 30 tahun; penggantinya justru lebih cepat satu persen saja. Solusinya kemudian diresmikan dalam bentuk cetakan bekerja sama dengan ilmuwan komputer Harvard, Christos Papadimitriou.

Gates tidak punya rencana belajar tetap ketika menjadi mahasiswa di Harvard dan menghabiskan banyak waktunya dengan menggunakan komputer sekolah. Gates masih berkomunikasi dengan Paul Allen, dan ia bergabung dengannya di Honeywell pada musim panas 1974. Pada tahun berikutnya, MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan, dan Gates dan Allen melihat peluncurannya sebagai kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Ia telah membicarakan keputusan ini bersama orang tuanya yang sangat mendukungnya setelah mereka melihat antusiasme Gates untuk mendirikan perusahaan.

Kekayaan


Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pejabat eksekutif tertinggi di Microsoft pada bulan Januari 2000. Ia masih menjabat sebagai ketua dan membentuk jabatan kepala arsitek perangkat lunak. Pada Juni 2006, Gates mengumumkan bahwa ia akan bekerja paruh waktu di Microsoft dan purna waktu di Bill & Melinda Gates Foundation. Ia melimpahkan secara bertahap semua pekerjaannya kepada Ray Ozzie, kepala arsitek perangkat lunak, dan Craig Mundie, pejabat riset dan strategi tertinggi Microsoft. Hari kerja purna waktu terakhir Gates di Microsoft adalah 27 Juni 2008. Saat ini, ia masih bekerja di Microsoft sebagai ketua non-eksekutif.

Sejak Microsoft berdiri tahun 1975, dengan asumsi Bill Gates bekerja 14 jam tiap hari kerja maka pendapatannya ialah 300 USD setiap detiknya, sedangkan pendapatannya dalam rupiah ialah 1 detik = 2,5 juta ; 1 menit = 153 juta ; 1 jam = 9,1 milyar ; 1 hari = 220 milyar ; 1 minggu = 1,54 triliun ; 1 bulan = 6,1 triliun.  Maka wajar saja bila dia menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Investasi


  • Cascade Investments LLC, perusahaan investasi dan holding swasta Amerika Serikat yang diawasi oleh Bill Gates dan berkantor pusat di kota Kirkland, Washington.
  • bgC3, perusahaan wadah pemikir baru yang didirikan oleh Bill Gates.
  • Corbis, perusahaan jasa pemberi lisensi dan hak cipta gambar digital.
  • TerraPower, perusahaan desain reaktor nuklir.
Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here