Wow..Teknologi 3D Printing Membuat Bentuk Menjadi Nyata

0
338
views
Teknologi 3D Printing

K

ebutuhan mencetak tidak lagi sekedar di atas kertas. Kemajuan teknologi dapat mewujudkan apa yang ada di imajinasi kita ke dalam bentuk yang lebih nyata dan dapat dirasakan melalui sentuhan. Kehadiran 3D printing menjawab kebutuhan akan mencetak sebuah desain secara digital menjadi sebuah produk nyata. Wow.. menakjubkan sekali.

Teknologi printing ini sendiri sebenarnya sudah berkembang sejak sekitar 1980an namun belum begitu dikenal hingga tahun 2010an ketika mesin cetak 3D ini dikenalkan secara komersial. Dalam sejarahnya Printer 3D pertama yang bekerja dengan baik dibuat oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp pada tahun 1984. Sejak saat itu teknologi 3D printing semakin berkembang dan digunakan dalam prototyping (model) maupun industri secara luas seperti dalam arsitektur, otomotif, militer, industri medis, fashion, sistem informasi geografis sampai biotech

Makanan diciptakan dari 3D printing

Pernyataan ini cukup dapat dimengerti karena kita bisa mencetak apapun menggunakan teknologi ini. Mobil yang dibuat dengan 3D printing akan segera dilincurkan di US, sementara China dan Belanda telah memanfaatkan teknologi ini untuk mencetak beberapa bangunan.

Pada dasarnya, cara kerja membuat cetakan 3 dimensi sama saja dengan printer inkjet konvensional dimana printer membuat layer atau lapisan-lapisan cetakan warna untuk membuat sebuah objek terlihat seperti seharusnya.

Sementara 3D printing masih menjalani tes, beberapa pihak yang terlibat dalam pengembangan teknologi ini menunjukkan bahwa akan banyak rutinitas sehari-hari, contonya seperti memasak, lama kelamaan akan menjadi kuno dengan hadirnya teknologi ini; sekedar informasi, hamburger 3D baru-baru ini dibuat di Inggris dengan menggunakan printer 3D.

Salah satu kesuksesan teknologi 3D printing yang paling berpengaruh adalah dalam bidang bio-printing, dimana dibuat sebuah replika organ tubuh manusia menggunakan DNA dari manusia yang bersangkutan itu sendiri. “Kita telah mencetak kulit, ginjal dan sebuah replika jantung manusia yang berdetak. Jika seseorang kehilangan salah satu anggota tubuh, anggota tubuh yang hilang tersebut dapat diganti dengan cara mencetaknya, lapis demi lapis. Secara teori itu sangat memungkinkan terjadi,” ujar seorang futuris, Jack Uldrich.

Manfaat Model Pencetakan 3D untuk Arsitek

Hanya saja pada 3D printer yang digunakan bukanlah tinta tetapi plastic molten wax dan material lainnya sehingga menjadi sebuah objek yang diinginkan.

Prinsip utama untuk pencetakan 3D printer yaitu membutuhkan data yang berbentuk 3 dimensi juga atau yang disebut dengan ‘data digital tiga dimensi’. Dalam dunia keteknikan biasa disebut dengan CAD ( Computer Aided Design ). CAD merupakan aplikasi yang mampu menampilkan data dalam 3 dimensi.

[artikel number=5 tag=”teknologi” ]

Teknologi 3D printing memungkinkan Anda untuk menggunakan bahan yang diperlukan seminimal mungkin saat memproduksi satu bagian. Misalnya, Anda hendak membuat satu bagian menggunakan aluminium. Umumnya, blok akan ditempatkan dalam sistem CAD dan kelebihan bahan akan dipotong untuk membuat bagian tersebut. Pada proses ini, kemungkinan besar sebanyak 60%-70% aluminium akan menjadi potongan yang tidak terpakai untuk nantinya dilebur dan digunakan pada proses selanjutnya. Namun, dengan 3D printing, Anda tak perlu melakukan peleburan dan menghabiskan sumber daya. Biaya produksi pun dapat ditekan secara signifikan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here