Tips Konten Menarik dan Banyak Follower di Instagram

0
270
views

befren.com – Instagram merupakan platform yang sepenuhnya visual. Tidak seperti Facebook yang mengandalkan teks dan gambar, atau Twitter yang hanya mengandalkan teks, satu-satunya tujuan Instagram adalah memungkinkan penggunanya berbagi gambar atau video dengan audiens mereka.

Di Facebook, Anda dapat memilih untuk memposting 100 foto dalam sebuah album. Tetapi di Instagram, Anda harus memilah-milah foto terbaik untuk diposting. Alasannya, pengguna Instagram biasanya tidak ingin memposting lebih dari sekali sehari.

Untuk membuat konten menarik, berikut yang telah befren rangkum.

1. Mention seseorang

Mentions adalah fitur penting yang sering digunakan oleh pengguna Instagram. Dengan tag dan mention, bisa menandai atau menyebut orang lain, baik di postingan, story ataupun komentar.

Orang yang tag atau mention pun akan mendapat pemberitahuan sehingga mereka bisa langsung mengecek postinganmu. Fitur mention sampai saat ini masih sering digunakan untuk menarik minat khalayak. Misalnya saja Anda menggunakan deskripsi seperti melihat karya saya lebih lengkap di seniku. Bila perlu lampirkan juga foto-foto yang diedit menggunakan opsi grid yakni dalam satu konten terdiri dari banyak gambar.

Banyaknya pesaing dalam bidang konten kreatif menuntut seseorang untuk selalu kreatif dan inovatif. Jika dalam keadaan misalnya kehabisan ide,silakan terapkan rumus ATM yaitu amati, tiru, modifikasi.

Sebagai strategi branding yang dianggap paling efektif untuk meningkatkan viewers dan followers. Membuat sebuah akun lebih dikenal khalayak luas terutama yang tertarik dalam bidang tertentu. Mengefektifkan kinerja karena dalam sekali posting bisa mendapatkan banyak keuntungan sekaligus.

2. Jumlah karakter pada caption

Hampir semua media sosial memberikan pembatasan karakter saat menulis caption. Tujuan dari kebijakan ini salah satunya agar khalayak tidak terlalu lama menggunakan waktunya saat membaca satu postingan. Dengan demikian konten lainnya tetap bisa menarik perhatian para user.

Memperhatikan jumlah karakter saat menulis caption sangat penting karena sebagian besar masyarakat tidak suka membaca terlalu lama dan lebih menyukai penjelasan melalui audio visual. Untuk itu perlu memberikan kesan di awal penulisan untuk membuat khalayak penasaran.

3. Mengadakan giveaway

Belakangan ini marak para konten kreator yang memberikan hadiah atau dikenal sebutan giveaway kepada para user. tentunya hal ini membuat target audience lebih suka dengan konten-konten Anda bahkan tidak jarang merekomendasikannya kepada sahabat atau keluarga.

Saat mengadakan giveaway Anda perlu memberikan persyaratan misalnya saja mention ke tiga teman. Teknik tersebut sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung sekaligus cara branding paling efektif. Agar khalayak lebih tertarik pastikan mengemas konten dengan konsep bagus.

4. Informasi paling penting di awal caption

Penulisan caption ternyata juga memiliki pengaruh besar untuk memberikan daya tarik tersendiri kepada para pembacanya. Anda bisa menggunakan rumus AIDA yakni berupa attention, interest, desire, dan action. Ada banyak orang yang telah membuktikan keampuhannya utamanya para konten kreator.

Saat membuat awalan, Anda perlu membuat khalayak merasa penasaran hingga akhirnya mereka secara sukarela akan membaca atau melihat video sampai akhir. Dengan demikian pesan yang disampaikan akan dapat dipahami secara lebih baik oleh khalayak secara keseluruhan.

5. Ajak target audience agar terlibat

Melibatkan khalayak sangat penting Anda lakukan untuk membuat mereka lebih tertantang dan tertarik menyimak penjelasan Anda hingga akhir.

Sebelumnya sangat penting untuk Anda menyusun konsep dan script yang ingin disampaikan secara terperinci guna menghindari kesalahan.

Konsep yang jelas bukan hanya diperlukan dalam pembuatan konten berupa visual, namun juga dalam hal tulisan. Sebagian besar orang cenderung tidak suka membaca panjang lebar apalagi jika penjelasannya terlalu berbelit. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri saat membuat caption.

6. Gunakan hastag

Cara membuat konten media sosial hebat berikutnya yaitu pengaplikasian tagar, sebab dinilai sangat efektif untuk meningkatkan viewer. Namun penggunaannya tidak boleh sembarang, dalam artian Anda harus memilih yang berhubungan dengan konten misalnya mengenai edukasi, hiburan, atau tutorial pembuatan suatu produk bisa menggambar, merajut, dan review.

Saat Anda menggunakan hastag, ada kemungkinan khalayak akan menemukan konten yang Anda buat. Sebelum menu tersebut menyimpan banyak karya orang lain. sistemnya yakni pengelompokan sesuai dengan tema besarnya yang bisa digunakan pada banyak platform.
Itulah tips yang dapat befren berikan. Temukan artikel menarik di befren dengan melihat sumber aslinya.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here