NASA Merilis Video Fantastik Dari Nebula Lagoon Untuk Merayakan Ulang Tahun Hubble

0
586
views
Lagoon Nebula (Hubble Palette)

N

ebula adalah awan antar bintang yang terdiri dari debu, hidrogen, helium, gas dan plasma yang terionisasi lainnya. Awalnya, nebula adalah nama untuk semua objek astronomi yang nampak menyebar, termasuk galaksi di luar Bima.

Pernah ingin memperbesar dekat tonjolan pusat di Milky Way di rasi Sagitarius tempat bintang-bintang dilahirkan? NASA hampir membuatnya berkat adanya Teleskop Luar Angkasa Hubble yang mengorbit Bumi. Sebagai semacam hadiah ulang tahun Hubble ke 28 bagi kita semua, agensi luar angkasa telah memposting video dan foto menakjubkan tentang apa yang dikenal sebagai Lagoon Nebula.

Video utama membawa pemirsa dari jauh ke jantung nebula yang berwarna-warni dan penuh warna, yang disebut NASA sebagai “pembibitan bintang yang dipenuhi kelahiran dan kehancuran”, berjarak 4.000 tahun cahaya dari Bumi.

Di jantung Lagoon Nebula adalah bintang “muda” raksasa (Hershel 36 juta tahun), 200.000 kali lebih terang dan delapan kali lebih panas dari matahari Bumi. Ini mengguncang wilayah dengan radiasi ultraviolet dan angin mengukir “lanskap fantasi, punggung bukit, rongga, dan gunung gas dan debu,” membanjiri NASA.

[artikel number=5 tag=”Teknologi” ]

Badan antariksa juga telah merilis video menggunakan versi inframerah yang memotong gas dan debu untuk mengungkapkan banyak bintang:

Menggunakan versi inframerah yang memotong gas dan debu

Ini adalah menggunakan tiga dimensi yang terbayangkan melintasi inti dari Lagoon Nebula menggunakan gambar dari Hubble:

Nebula menggunakan gambar dari Hubble

Hubble diluncurkan 24 April 1990, naik pesawat ulang-alik Discovery dan merupakan proyek gabungan NASA dan European Space Agency. Sekali setahun teleskop mengambil jeda dari pengamatan yang ditugaskan untuk mengambil gambar rinci dari tempat tertentu dari kosmos.

Nebula

Hubble “telah menawarkan pandangan baru tentang alam semesta dan telah mencapai dan melampaui semua harapan selama 28 tahun yang luar biasa,” kata NASA dan ESA. Teleskop telah “merevolusi hampir setiap bidang astronomi pengamatan.”

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here