Mozilla and Pocket Ingin Membuat Iklan Periklanan yang Etis

0
255
views
Mozilla and Pocket

M

ozilla, pencipta Firefox, sedang melakukan eksperimen untuk melihat apakah periklanan online dapat dibuat etis.

Iklan membayar tagihan untuk sebagian besar alat dan layanan ‘gratis’ – termasuk browser, dan iklan lebih efektif  jika iklan tersebut disesuaikan untuk minat Anda. Mozilla menerima fakta itu, tetapi ingin melihat apakah mungkin untuk menyesuaikan iklan tanpa mengorbankan privasi pengguna.

melakukan ini melalui Pocket – layanan save-it-for-later yang memungkinkan Anda menyimpan artikel dan video yang ingin Anda baca atau tonton nanti. Mozilla mengintegrasikan Pocket ke Firefox pada tahun 2015, dan awal tahun lalu Mozilla mengakuisisi perusahaan sehingga keduanya dapat bekerja lebih erat.

Browser Anda, data Anda

Ketika Firefox Quantum diluncurkan akhir tahun lalu, ia memberikan dengan fitur baru: Rekomendasi Pocket. Saat Anda membuka tab baru, Anda akan melihat pilihan cerita yang direkomendasikan oleh Pocket. Ini adalah artikel dan video yang disimpan pengguna lain ke Pocket, dan didasarkan pada riwayat penelusuran Anda.

Namun, data Anda tidak pernah dikirim ke Mozilla, Pocket, atau pihak ketiga. Sebaliknya, semua personalisasi terjadi di perangkat Anda sendiri.

“Itu memang menggunakan riwayat penelusuran Anda untuk menentukan apa yang akan ditunjukkan kepada Anda, tetapi itu semua terjadi di sisi klien,” Nate Weiner, CEO dan Founder of Pocket, “Data Anda tidak dikirim ke server apa pun. Ini cara yang sangat keren untuk mendapatkan rekomendasi, dan pengguna tidak perlu menyerahkan privasi mereka.”

Untuk sekelompok kecil pengguna Firefox, Rekomendasi Saku itu termasuk artikel bersponsor atau iklan.

[artikel number=5 tag=”teknologi” ]

“Kami telah melakukan beberapa konten bersponsor untuk beberapa tahun terakhir di Pocket, dan kami telah mulai bereksperimen dengan menunjukkan posting disponsori sesekali di Firefox,” jelas Weiner. “Hanya diuji di AS saat ini. Dalam pikiran kami, kami selalu bereksperimen, dan kami ingin terus bereksperimen sampai kami merasa yakin tentang hal itu.”

Jika Anda mau, Anda dapat mematikan rekomendasi. Cukup klik ikon roda gigi ‘New tab preferences’ dan hapus centang ‘Recommended by Pocket’. Anda juga dapat memilih keluar dari artikel yang disponsori melalui menu yang sama.

Tanpa clickbait

Saku sangat khusus tentang apa yang masuk ke rekomendasi yang disponsori, sehingga Anda tidak akan melihat artikel ‘satu trik lama’ yang muncul di tab baru Anda dalam waktu dekat. Saat ini semua rekomendasi yang disponsori adalah artikel, tetapi mungkin ada video juga – meskipun tidak ada yang diputar secara otomatis

“Semua konten yang kami tunjukkan kepada Anda melewati pedoman kualitas kami,” kata Weiner. “Konten harus memberikan nilai. Ini tidak bisa hanya menjadi clickbait; itu harus berguna.”

Tidak ada jadwal untuk meluncurkan Rekomendasi Sponsor secara lebih luas, tetapi Weiner mengatakan respon dari subyek tes Mozilla sangat positif. Jika berhasil, itu bisa menjadi solusi untuk masalah kesalahan penanganan data pribadi yang telah menyebabkan Facebook begitu banyak rasa sakit tahun ini.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here