Google Dapat Mengetahui Anda Berada, Walaupun Sudah Menonaktifkan Riwayat Lokasi

0
452
views
Ilustrasi google Maps

befren.comSebelumnya hari ini, Associated Press menerbitkan laporan yang merinci bagaimana Google dapat mencatat lokasi pengguna bahkan jika mereka memilih keluar dari fitur Riwayat Lokasi. Laporan ini menunjukkan bahwa jika Anda ingin sepenuhnya keluar dari pelacakan lokasi Google, Anda harus mengakses dan menyisih dari fitur kedua juga, yang disebut “Riwayat Web & Aplikasi.”

Sebelum masuk ke detailnya, inilah pernyataan yang diberikan Google kepada AP (perusahaan tidak menanggapi permintaan kami untuk komentar pada waktu publikasi): “Ada sejumlah cara berbeda yang dapat digunakan Google untuk meningkatkan pengalaman orang, termasuk: Riwayat Lokasi, Aktivitas Web dan Aplikasi, dan melalui Layanan Lokasi di tingkat perangkat. Kami menyediakan deskripsi yang jelas tentang alat ini, dan kontrol yang kuat sehingga orang dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya, dan menghapus histori mereka kapan saja. “

The Verge menerima pernyataan serupa, tetapi mengatakan “kami memastikan pengguna Riwayat Lokasi tahu bahwa ketika mereka menonaktifkan produk, kami terus menggunakan lokasi untuk meningkatkan pengalaman Google ketika mereka melakukan hal-hal seperti melakukan pencarian Google atau menggunakan Google untuk mengemudi arah. ” Kalimat terakhir itu tampaknya mengacu pada riwayat Web & Aplikasi, meskipun Google tidak jelas tentang itu.

Jika memang Anda ingin mematikan semua pelacakan lokasi, itu akan membutuhkan sedikit waktu. Sebagai permulaan, Anda pasti ingin menonaktifkan fitur Riwayat Lokasi. Meskipun ini adalah nama yang terdengar luas, itu adalah fitur yang sangat spesifik yang menciptakan garis waktu di mana Anda berada berdasarkan lokasi ponsel Anda. Meskipun Anda mungkin mengira mematikannya akan menonaktifkan pelacakan lokasi Google di semua layanannya, itu adalah tidak benar.

[artikel number=4 tag=”teknologi” ]

Setelah menonaktifkan Riwayat Lokasi, matikan “Riwayat Web & Aplikasi” – tetapi perhatikan bahwa pengalaman Anda menggunakan layanan Google akan sangat berbeda di masa mendatang. Sebagai permulaan, tidak ada riwayat pencarian Anda yang akan disimpan, di mana saja. Beberapa mungkin menemukan itu berguna, tetapi dalam kasus produk seperti Google Maps, itu juga membuat hal-hal sedikit kurang ramah pengguna. Aplikasi tidak akan memiliki visibilitas ke pencarian sebelumnya yang Anda buat di Maps; itu hanya akan menampilkan pencarian terbaru yang Anda buat di ponsel Anda sendiri. Itu juga berarti bahwa Maps tidak akan tahu di mana Anda saat Anda mencari petunjuk di browser.

Secara keseluruhan, tampaknya aspek pengumpulan lokasi utama yang terkait dengan “Riwayat Web & Aplikasi” berasal dari penelusuran Google. Saat setelan itu diaktifkan, Google dapat memberikan info yang lebih “relevan”. Tidak ada keraguan bahwa memiliki Google menyadari lokasi Anda dapat berguna ketika Anda melakukan pencarian, tetapi jika Anda benar-benar ingin keluar dari grid, pastikan untuk menonaktifkan fitur ini.

Perhatikan bahwa bahkan setelah Anda mematikan fitur lokasi ini, hasil Google masih mungkin menggunakan riwayat pencarian Anda untuk menebak di mana Anda berada. Misalnya, mencari “pizza di dekat saya” masih menarik hasil di lingkungan saya, dan juga tahu di mana saya ketika saya mengetik “cuaca.” Jadi, untuk menghapus seluruh jejak Google Anda, “Aktivitas Saya” di mana Anda dapat melihat semua yang telah Anda lakukan yang menyentuh layanan Google. Pencarian yang mengambil lokasi Anda akan memiliki ikon pin lokasi kecil di sebelahnya; hapus untuk menutupi jejak Anda. Pada akhirnya, Anda juga ingin memastikan Anda menonaktifkan layanan lokasi di ponsel smartphone Anda untuk aplikasi apa pun (Google ataupun yang lainnya).

Anda dapat melihat riwayat Google Anda di myactivity.google.com; mengklik “kontrol aktivitas” di menu sebelah kiri akan memberikan opsi untuk menonaktifkan Riwayat Web & Aplikasi serta Riwayat Lokasi Anda. Menghabiskan banyak waktu untuk menggali histori hari ini dan  tidak peduli tentang data yang dikumpulkan Google melalui riwayat pencarian kalian.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here