Dibekali Kamera 48 Megapiksel Redmi Note 7, Apakah Benar Asli?

0
106
views

befren.com – Redmi akhirnya merilis smartphone seri terbaru Redmi Note 7. Redmi Note 7 diperkenalkan dengan beberapa varian warna apik.

Ada Redmi Note 7 warna Neptune Blue, Nebula Red, dan Space Black.

Ponsel terbaru ini juga masih menyediakan dua warna lain yang hadir dengan corak gradiasi berbeda.

Redmi resmi memboyong Redmi Note 7 ke pasar Indonesia. Salah satu fitur andalannya adalah kamera utama dengan resolusi 48 megapiksel dan bukaan lensa f/1.8.

Gorilla Glass 5 makin cantik dengan dengan sentuhan warna gradasi yang membuat Redmi Note 7 layaknya smartphone masa kini.

Kamera ini dipadu dengan kamera sekunder beresolusi 5 megapiksel. “Dengan resolusi 48 megapiksel ini memungkinkan Anda melihat lebih jelas dan detail yang ditangkap lebih jernih,” klaim Steven Shi, Head of Southeast Asia, Country Head Xiaomi Indonesia dalam peluncuran Redmi Note 7 di Jakarta.

Namun, tak sedikit yang mempertanyakan apakah kamera Redmi sungguh menggunakan resolusi 48 megapiksel, bukan sekadar gimmick pemasaran belaka? Secara prinsip, memang sensor yang digunakan benar-benar memiliki resolusi 48 megapiksel. “Jadi output dari Redmi Note 7 itu adalah 12 megapiksel dengan menggunakan sensor ISOCELL GM-1. Sensor itu didesain untuk mengambil foto dengan resolusi gambar 48 megapiksel dengan teknologi super piksel,” jelas Steven.

Sensor ISOCELL GM-1 besutan Samsung tersebut menunjang hasil jepretan gambar dari kamera 48 megapiksel di Redmi Note 7 tampak lebih jelas. Karena (sensor ISOCELL GM-1) menggunakan metode tetracell atau pixel binning, menggabungkan 4 pixel menjadi 1 pixel besar, maka hasil akhirnya menjadi 12 megapiksel.

Teknik pixel binning dimaksudkan untuk meningkatkan hasil akhir gambar, terutama dalam kondisi low-light.

Namun, apabila diinginkan, pengguna bisa “memaksa” kamera untuk menjepret dengan resolusi asli 48 megapiksel.

Hasil jepretan dengan resolusi 48 megapiksel seharusnya bisa menangkap lebih banyak detil dan terlihat lebih tajam ketimbang 12 megapiksel. Konsekuensinya, fitur kamera yang membutuhkan teknik pixel binning tidak bisa dipakai.

System on chip Snapdragon 660 yang akhirnya mendapat pembaruan terkait spesifikasi kamera yang didukung. Sebelumnya, dalam spesifikasi system on chip ini, kemampuan kamera tunggal yang didukung hanya mencapai 25 megapiksel. Setelah diperbarui Qualcomm, Snapdragon 660 disebut mampu mengolah data gambar dari kamera dengan resolusi 48 megapiksel.

Dengan algoritma dan menjadi output gambar 48 megapiksel. Metode tetracell ini kurang lebih mirip dengan yang diadopsi Oppo V11 Pro.

Jika di Oppo V11 Pro, saat menggunakan kamera resolusi 48 megapiksel, pengguna tidak akan menggunakan beberapa fitur yang memerlukan pixel binning seperti “Nightscape”.

Hal yang serupa juga berlaku untuk Redmi Note 7, di mana untuk menggunakan resolusi 48 megapiksel, pengguna harus berpindah ke mode “Pro”, alih-alih default yang beresolusi 12 megapiksel.

Untuk layar, pengalaman penggunaan Xiaomi Redmi Note 7 semakin nyaman dengan layar IP dengan lebar 6,3 inchi ang berteknologi IPS dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depan.

Poni atau notch berbentuk waterdrop pun telah hadir pada bagian atas layarnya.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here