Cara Mengatasi HP yang Lemot

0
99
views

befren.com – Ponsel pintar, apapun merek dan produsennya akan mengalami penurunan kinerja seiring durasi pemakaian. Kinerja gadget tersebut lambat laun tidak akan secepat saat pertama kali digunakan.

Jika gadget anda mengalami masalah peforma yang mulai menurun seperti, slow respon, sering tidak bisa diakses, atau bahkan terkadang mati tiba-tiba. Ada beberapa cara cepat dan mudah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut. Dilansir dari Android Central, berikut lima cara yang bisa dilakukan:

Sebagian besar produsen smartphone cenderung melakukan pembaruan perangkat secara rutin yang mengandung perbaikan bug dan peningkatan stabilitas. Google juga mengeluarkan pembaruan keamanan bulanan. Karenanya, pengguna perlu mengecek apakah telah mendapatkan atau menginstal pembaruan baru yang disediakan oleh produsen karena itu akan meningkatkan kinerja perangkat.

Jika pengguna menggunakan smartphone dengan memori dan penyimpanan terbatas, pengguna dapat menggunakan aplikasi versi ringan atau lite sebagai solusinya Sebagai contoh, Facebook Lite yang telah dioptimalkan dan berfungsi baik dalam perangkat kelas menengah. Aplikasi versi ringan ini juga bekerja pada koneksi 2G dan perangkat dengan RAM 1 GB. Beberapa aplikasi penting lainnya seperti Twitter, Messenger, dan Skype juga menawarkan aplikasi dalam versi ringan.

Google File

Pengguna dapat menggunakan aplikasi manajemen Google File untuk menghapus data cache dan membersihkan penyimpanan. Aplikasi ini memiliki desain minimalis dengan dua tab, yaitu Storage dan Files. Dari tab Storage, pengguna mendapatkan gambaran umum tentang jumlah penyimpanan yang tersisa di smartphone serta tips tentang cara mengosongkan ruang. Pengguna juga dapat dengan mudah menghapus data cache aplikasi dari dalam Files. Aplikasi Google File juga sangat berguna ketika pengguna ingin mencari file yang tidak diperlukan di smartphone.

Hapus Aplikasi yang tidak digunakan

Sebagian besar smartphone selain Pixel dan perangkat Android One hadir dengan beberapa bentuk bloatware. Bloatware sendiri merupakan aplikasi yang dipasang pada perangkat Android oleh pabrik yang membuat perangkat. Untungnya, pengguna dapat menonaktifkan atau dalam beberapa kasus dapat menghapus instalan aplikasi pada smartphone jika pengguna tidak menggunakannya.

Untuk menghapus atau menonaktifkannya, buka Pengaturan > Aplikasi untuk melihat semua aplikasi yang terpasang di ponsel. Ketika pengguna menemukan aplikasi yang tidak digunakan, hapus atau nonaktifkan aplikasi tersebut. Pengguna juga dapat menggunakan Google File untuk mengidentifikasi aplikasi yang tidak digunakan di smartphone dan menghapusnya sesuai kebutuhan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here