Benarkah Handphone Huawei Tidak Bisa Pakai Android Lagi?

0
88
views

befren.com – Polemik Huawei di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat masih bergulir. Sekarang giliran raksasa teknologi Google yang mengatakan bahwa perusahaannya akan membatasi pembaruan OS Android untuk perangkat Huawei.

Hal ini menjadi lanjutan setelah keputusan Presiden AS Donald Trump yang memasukan nama Huawei ke dalam daftar hitam alias blacklist yang berisi berbagai macam perusahaan yang gak bisa melakukan kerjasama ekonomi jika gak punya lisensi.

Dengan kata lain, Trump membatasi perusahaan China seperti Huawei untuk melakukan bisnis dengan pihak AS.

Gara-gara ini, Google akhirnya mengumumkan bahwa perusahaannya akan turut menangguhkan bisnis dengan Huawei dengan cara pembatasan update sistem operasi Android kepada perangkat-perangkat Huawei. Yup, lisensi Android untuk perangkat Huawei terancam dicabut.

Mengutip berbagai sumber, Google mengatakan “akan mengikuti aturan pemerintah dan meninjau implikasinya”.

Hal ini dapat mengakibatkan ponsel-ponsel baru Huawei kehilangan akses berbagai aplikasi populer Google.

Sampai sekarang pihak Huawei belum memberikan tanggapan resminya.

Sekadar diketahui, Trump sejak pekan lalu menyebut Huawei masuk ke dalam blacklist perusahaan yang gak bisa berbisnis dengan pihak yang berbasis di AS tanpa persetujuan pemerintah.

Huawei memang mendapat kecaman besar dari berbagai negara barat termasuk AS, khususnya sorotan jaringan seluler 5G yang tak lama lagi bakal digelar. Banyak yang khawatir perangkat Huawei digunakan oleh pemerintah China untuk memata-matai negara barat. (uzone)

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here