Benarkah Google, Facebook dan Twitter Akan Berhenti Beroperasi di Hong Kong?

0
96
views

befren.com – Setelah adanya perselisihan mengenai perubahan undang-undang privasi, tiga perusahaan teknologi dunia yang masuk ke dalam Asia Internet Coalition (AIC) mengancam akan hengkang dari Hong Kong.

Dikabarkan Google,Facebook dan Twitter mengancam akan berhenti beroperasi di Hong Kong jika pemerintah mengesahkan amandemen undang-undang perlindungan data yang akan meminta pertanggung jawaban perusahaan atas tindakan doxxing.

Kekhawatiran perusahaan terhadap staf mereka akan menghadapi investigasi kriminal atau bahkan dituntut jika para pengguna membagikan informasi pribadi secara online, walaupan tidak ada niat jahat.

Sebagai informasi, doxxing adalah tindakan berbasis internet untuk meneliti dan menyebarluaskan informasi pribadi secara publik (termasuk data pribadi) terhadap seseorang individu atau organisasi.

Perubahan undang-undang ini dapat menyeret perusahaan teknologi pada masalah hanya karena pengguna berbagi foto di ruang publik.

Dalam surat yang diajukan oleh koalisi, mereka menganggap ini sebagai “tanggapan yang sama sekali tak proporsional dan tak diperlukan” serta dapat membungkam hak kebebasan bersuara.

AIC bahkan memberikan saran yang agar Hong Kong mempersempit ruang lingkup dari pelanggaran tersebut.

Keberadaan surat dari AIC telah diketahui dan ditanggapi oleh Komisaris Privasi untuk Data Pribadi Hong Kong. Langkah-langkah baru diperlukan setelah tindakan doxxing mendorong “batas moralitas dan hukum,” ucapnya seperti yang dikutip dari Engadget, Kamis (08/07).

Ia juga bersikeras bahwa perubahan undang-undang tersebut takkan berpengaruh pada kebebasan berpendapat serta tidak akan menghalangi investasi dari luar. Amandemen ini bisa disetujui pada akhir tahun kalender legislatif.

Pihak lain mengatakan bahwa undang-undang ini bisa disalahgunakan pejabat Pro-China yang ingin membungkam kebebasan berpendapat masyarakat.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here