Mencoba Makanan Khas Slovakia

0
52
views

befren.com – Sebelumnya negara ini merupakan bagian dari kerajaan Moravia Besar dan Austro-Hongaria. Negara yang terkurung di wilayah daratan ini berbatasan langsung dengan Polandia di utara, Republik Ceko di barat laut, Ukraina di timur, Hongaria di selatan, dan Austria di barat daya. Negara ini terkenal dengan pemandangan yang indah dan kastil-kastik bersejarah. Suasana kota yang cukup teduh dan tidak begitu ramai, bukan hanya pemandangannya yang indah akan tetapi masakan khas Slovakia sangat menggugah selera salah satunya adalah sebagai berikut.

Schnitzel 

Di Slovakia terdapat hidangan schnitzel yang dikenal dengan nama vyprážaný rezeň, makanan ini tidak halal. Kuliner babi seperti babi goreng khas Wina atau Wiener Schnitzel adalah hidangan yang sangat populer. Sama halnya dengan Austria, Anda dapat menemukan beragam Schnitzel di setiap restoran Slovakia. Hidangan ini berupa potongan daging babi tipis yang digoreng dengan tepung panir atau remah roti.

Untuk lauknya, makanan ini sering disajikan dengan salad kentang dan mayonaise. Untuk mendapatkan pengalaman menyantap schnitzel yang lebih berkesan, Anda dapat mencoba bačovský rezeň. Ini adalah schnitzel dengan ham dan keju leleh di atasnya.

Trdelnik

Trdelnik atau juga dikenal dengan kue corong merupakan hidangan yang banyak dijumpai saat musim dingin. Makanan ini biasanya banyak dijual di pasar Natall. Makanan ini cocok menjadi pendamping untuk segelas anggur yang dimasak. Saat mencicipi kue ini, aroma kayu manis dan gula yang meleleh akan memanjakan mulut. Selain disajikan untuk musim dingin, saat ini trdelnik juga sudah mulai banyak dijumpai saat musim panas.

Bedanya saat musim panas, kue corong ini disajikan bersama es krim vanilla sehingga terasa nikmat dan segar. Jadi makanan khas ini dapat dinikmati sepanjang tahun dan kapanpun saat Anda berkunjung ke negara ini.

Kapustnica

Di Slovakia terdapat hidangan unik berupa sup kubis yang dikenal dengan nama Kapustnica. Hidangan ini biasanya disajikan dalam perayaan Natal tradisional sebagai hidangan pembuka atau appetizer. Namun Kapustnica saat ini sudah banyak tersedia di restoran-restoran Slovakia yang disajikan hangat bersama roti yang baru saja dipanggang.

Sup kubis ini terasa sangat nikmat, khususnya ketika ditambahkan dengan beberapa bahan makanan lokal seperti jamur, kentang, daging asap, dan sosis. Setiap daerah di Slovakia memiliki cara masing-masing untuk menyiapkan hidangan ini. Jadi jangan heran jika kebanyakan restoran lokal memiliki konsep masing-masing ketika memasak sup ini.

Sup Goulash

Hidangan yang satu ini memiliki nama asli Gulášová polievka. Sup goulash sebenarnya merupakan salah satu varian dari Sup Goulash di negara-negara Eropa Timur dan Eropa Tengah. Untuk varian yang banyak dijumpai di Slovakia, sup goulash terdiri dari daging sapi, kentang, bawang bombay, lada, bawang putih, tomat, dan rempah-rempah. Makanan ini biasanya banyak dijumpai dalam berbagai event olahraga dan biasa dimasak di tempat terbuka secara langsung di atas bara api menggunakan kuali.

Anda dapat menjumpai hidangan ini di dekat lapangan saat ada turnamin tenis atau di dekat garis finish pada lomba lari. Sup yang dimasak selama beberapa jam ini memiliki aroma yang sangat menggoda sehingga menjadi hidangan yang sempurna untuk memulihkan energi setelah berolahraga atau bermain ski.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here