Jenis Sup Yang Paling Banyak Dinikmati di Korea

0
182
views

Masyarakat Korea biasanya akan makan dengan banyak jenis hidangan. Salah satu menu yang wajib bagi mereka adalah sup.


befren.com – Ada berbagai jenis sup yang biasa disantap oleh masyarakat Korea, tapi yang paling populer adalah 7 sup ini.

1. Tteokguk (Sup Kue Beras)

Jenis Sup Yang Paling Banyak Dinikmati di Korea

Saat perayaan Seollal atau Tahun Baru Korea, ada satu menu yang dianggap wajib untuk disantap. Makanan tersebut ialah tteokguk alias sup kue beras. tteokguk ternyata selain disajikan kering dengan baluran saus pedas juga ada yang berbentuk sup. Kalo tteobokki (kue beras pedas) biasanya berwarna merah terang, maka sup kue beras yang disebut dengan tteokgu ini justru berwarna putih susu. Sup tteokgu berisi campuran kaldu daging, kue beras, dan disempurnakan dengan rumput laut serta irisan telur. Sup ini biasa disajikan saat masih hangat dan sangat digemari oleh masyarakat Korea pada waktu musim dingin.

2. Eomok Tang

Umhok dikenal juga dengan nama oden. Pada dasarnya odeng adalah ikan yang biasanya direbus dan cara memakannya dengan menggunakan kaldu kuah panas.  Umhok ini adalah sejenis kue yang terbuat dari seafood yang dihaluskan dan dibentuk menyerupai sate usus. Kue ikan ini kemudian disajikan dengan kuah kaldu ikan yang enak dan nyegerin.

3. Samgyetang

Jenis Sup Yang Paling Banyak Dinikmati di Korea

Bukan cuma Indonesia yang mengenal sup ayam. Ternyata, sup ayam juga ada di Korea Selatan. Tapi tentunya sup ayam ini sangat berbeda rasanya dengan yang ada di Indonesia. Sup ayam khas Korea Selatan disebut samgyetang. Sup ini dibuat dari campuran ayam, bawang putih, beras ketan, dan juga ginseng Korea. Semua bahan tersebut dimasak dengan cara direbus sampai mendidih. Sup ini biasa disajikan saat makan bersama di Korea.

4. Dongtae Jigae

Dongtae jiggae adalah sup asli Korea Selatan yang bahan utamanya ikan pollock. Ada 2 jenis sup yang berbahan dasar ikan pollock yaitu dongtae (ikan pollock beku) atau saengtae (ikan pollock segar). Bahan-bahan dongtae ini terdiri dari daun bawang, lobak putih, tahu, tauge, dan ikan. Ikan pollock dan semua bahan-bahan lainnya direbus sampai mendidih dan matang. Selain bumbu di atas, ternyata kuah kaldu dongtae jigae ini juga dilengkapi dengan bahan herbal seperti ramuan daun krisan dan mahkota bunga aster. Kedengerannya enak ya…

5. Galbitang

Jenis Sup Yang Paling Banyak Dinikmati di Korea

Galbitang adalah sup rusuk sapi. Sup ini biasanya dibuat dari campuran daging sapi yang direbus bersama kaldu tulang rusuk sapi. Sup ini bercita rasa pedas karena dibumbui juga dengan cabe.

6. Seolleongtang

Jenis Sup Yang Paling Banyak Dinikmati di Korea

Seolleongtang punya warna kaldu yang seputih susu hampir mirip dengan gomtang. Seolleongtang ini terbuat dari kaldu tulang sapi yang udah direbus berjam-jam kemudian ditambah isian mie, irisan daging tipis, bawang, serta garam.

7. Gomtang

Ternyata di Korea Selatan juga ada sup yang berbahan dasar buntut sapi dan dikenal dengan nama gomtang. Sup ini sendiri terbuat dari perpaduan buntut sapi, garam, dan daun bawang. Memang bumbu yang digunakan sangat sederhana dan kuahnya bening. Tapi kelezatan sup ini sangat terkenal di Korea dan jadi andalan warga Korea untuk mengobati flu.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here