Bubur Ayam Klasik Original Yang Menggugah Selera

0
262
views

befren.com – Menyantap bubur ayam dengan nuansa klasik dan original seringkali mengingatkan kita pada memori masa kecil ketika ibu seringkali memberhentikan abang tukang bubur dekat rumah. Nah, ketika hasrat menyantap bubur klasik datang namun sulit menemukan pedagang bubur yang masih mempertahankan cita rasa original. Tidak ada salahnya bila anda menyajikan hidangan ini di rumah dengan resep yang akan kami berikan kali ini.

Bahan-Bahan:

200 gram beras
100 ml santan instan
2 1/2 sendok teh garam

Bahan Kaldu Ayam:

1 ekor ayam kampung
2.500 ml air
3 cm jahe, memarkan
2 batang serai ambil putihnya, memarkan
2 lembar daun salam

Bahan Pelengkap Bubur:

2 sendok makan kacang kedelai goreng
1 batang daun bawang, iris halus
2 sendok makan bawang goreng
7 lembar kulit pangsit
7 lembar kulit pangsit goreng potong kotak
3 buah cakwe potong-potong

Langkah-langkah

Langkah penting pertama yang akan dapat dilakukan dalam membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan-bahan yang ada pada resep. Langkah ini menjadi langkah penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Sebab ada beberapa bahan pada resep yang cara pengolahannya tidak dicantumkan. Untuknya, dengan menyimak langkah persiapan kali ini maka anda akan lebih mudah membuat hidangan kali ini.

Adapun bahan pertama yang akan diolah dan dibersihkan adalah berasnya terlebih dahulu. Silahkan masukkan beras kedalam sebuah wadah kemudian bersihkan dengan menggunakan air bersih dengan merata. Aduk-aduk sampai airnya keluar dan bersihkan dengan merata semua bahan ini. Lakukan langkah ini selama berulang-ulang sampai anda mendapati air cucian beras menjadi lebih bening dan bersih.

Bila sudah selesai maka anda akan dapat melanjutkan langkah kali ini dengan terlebih dahulu mengolah ayam kampung untuk sajian kuah kaldu kali ini. Belah terlebih dahulu ayam menjadi 4 bagian dengan merata. Gunakan pisau dengan ukuran yang besar guna memudahkan anda memotong bahan ini.

Setelah ayam dipotong maka masukkan ayam kedalam wadah dan bawa sajian ini ke tempat cucian. Bersihkan ayam dengan merata menggunakan air yang bersih dan aduk-aduk semua sajian ini.

Kemudian setelah bersih maka angkat ayam dan masukkan kembali kedalam wadah untuk kemudian tiriskan air cuciannya dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Bubur Ayam Klasik Original yang Enak :

Untuk membuat sajian kali ini cara yang akan dapat anda lakukan cukup mudah dan sederhana. Kita akan dahulukan membuat kaldu untuk sajian bubur kali ini. Caranya siapkan sebuah panci, lalu masukkan ayam kedalamnya bersama dengan daun salam dan tambahkan jahe bersama dengan serai dan air. Lalu aduk semua bahan ini dengan merata.

Setelah itu, rebus ayam sampai matang hingga berkaldu dan tekstur daging ayam menjadi lebih lunak dan matang dengan merata. Bila kaldunya sudah keluar maka tambahkan kembali air kedalamnya hingga menjadi 2.5 liter.

Angkat ayam dan tiriskan sementara dalam sebuah wadah. Sambil menunggu anda akan dapat memanaskan wajan dan berikan minyak goreng kedalamnya untuk kemudian panaskan minyak sampai matang.

Goreng ayam kedalamnya sampai berkulit dan angkat dengan menggunakan serokkan. Setelah ayam agak dingin silahkan suwir-suwir terlebih dahulu sajian ini dengan merata.

Didihkan kembali kaldu ayam dan tambahkan garam kedalamnya. Lalu masukkan beras dan masak sajian ini sampai airnya berkurang. Aduk-aduk dengan merata sampai tekstur bubur menjadi lebih mengental dengan merata.

Lalu menjelang diangkat, silahkan tuangkan santan instan kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur merata.

Catatan Resep

Bila sudah matang maka anda akan dapat menyajikan bubur dalam sebuah mangkuk. Lalu taburi dengan kacang dan lengkapi pula dengan bahan pelengkap lainnya. Anda bisa menambahkan bumbu tambahan seperti kecap manis dan kecap asin.

sumber: selerasa

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here