Kisah Baru film Suzzanna Bernapas Dalam Kubur

0
137
views

befren.com -Suzanna sudah meninggal dunia, tapi namanya masih lekat di dunia film horor Indonesia. Ya, Suzanna memang sudah menjadi ikon tersendiri di industri film Tanah Air.

Kali ini, Suzanna Martha Frederika van Osch telah lahir kembali. Aktris horor legendaris yang meninggal pada 2008 itu “muncul” dalam cuplikan film Suzzanna: Bernapas dalam Kubur keluaran Soraya Intercine Films. Dan bakal tayang di bioskop pada 15 November 2018.

Pengagum film horor pun dibuat kagum dengan penampilan Luna Maya yang mirip abis dengan mendiang Suzanna, lengkap dengan tahi lalat di pipi dan mata melototnya yang khas. Tak hanya dari segi penampilan, suara Luna dalam teaser tersebut juga terdengar mirip dengan Suzanna.

Kemiripan Luna Maya dengan Suzanna

“Jangan sampai ini menjadi sekuel atau cerita lama yang kami buat lagi,” ujar Sunil dalam peluncuran cuplikan Bernapas dalam Kubur di kantor Soraya Intercine Films di Menteng, Jakarta Pusat.

“Saya ingin bikin cerita baru, bukan hanya untuk orang yang sudah tahu Suzanna, tapi juga yang belum tahu beliau.”

Menurut produser Eiffel, I’m in Love (2003) ini, proyek Bernapas dalam Kubur sejatinya dimulai sejak lima tahun lalu. Pihaknya mengaku kesulitan mencari aktris yang pas untuk menghidupkan kembali Suzanna.

Ia sampai menggunakan jasa tim tata rias dari Rusia. Suatu ketika, Luna Maya terpilih. “Tulang pipinya (Luna) mirip sekali (dengan Suzanna). Kalau strukturnya beda, pakai prostetik juga enggak akan bisa,” jelas Sunil.

Selanjutnya masalah akting. Luna harus tampil semirip mungkin dengan Suzanna dari segi gerak-gerik dan kebiasaan. Persoalannya, ia tak pernah bertemu langsung dengan Suzanna. Untungnya, Soraya Intercine Films adalah produsen 17 film horor yang dibintangi Suzanna sehingga mereka punya banyak stok film lama mendiang.

“Kebetulan galerinya cukup banyak, jadi pegangannya lumayan,” ungkap Luna. “Cara beliau berbicara ada khasnya juga. Kalau berbicara kadang-kadang ada goyangan kepalanya. Tiap hari di handphone saya lihat cara dia ngomong, jalan, desahannya. Saya selalu berpikir bahwa saya menjadi beliau dalam film-film sebelumnya.”

Tantangan lain muncul ketika sutradara berganti dari Anggy Umbara menjadi Rocky Soraya. Sunil menyatakan ini bukan karena ada prahara. “Perbedaan visi, simple-nya begitu,” jelas Sunil.

Pergantian itu menyebabkan Soraya Intercine Films harus mengadakan syuting ulang. Secara total, syuting mencapai 52 hari. Cut pertama Bernapas dalam Kubur mencapai 4,5 jam; 70 persen di antaranya dari hasil reshoot.

Totalitas Luna Maya dalam cuplikan terbaru Suzzanna Bernapas dalam Kubur

Demi mendapatkan visual yang mirip abis dengan mendiang Suzanna, pihak Soraya menggandeng makeup artis Tatiana Melkomova dan Peter Gorshenin dari FX Design Group Int, Rusia.

Sebelum menjalankan syuting, Luna terbang ke Rusia untuk mencetak prostetik wajah. Nggak tanggung-tanggung, sebanyak 200 foto transformasi Suzanna dari kecil hingga dewasa digunakan sebagai refrensi untuk membuat topeng prostetik tersebut.

Mengambil latar belakang cerita era 1980-an, Soraya Intercine harus mengucurkan dana yang tak sedikit demi mewujudkan nuansa 1980-an dalam film tersebut. Belum lagi makeup para pemain, dan penambahan jadwal syuting ulang membuat film ini menjadi salah satu film termahal yang pernah diproduksi Soraya.

Bernapas dalam Kubur mengisahkan Suzzanna (Luna Maya) dan Satria (Herjunot Ali) yang sudah menikah selama tujuh tahun tapi belum punya anak. Suatu ketika Suzzanna hamil, tapi sayangnya Satria harus dinas keluar negeri.

Kepergian Satria dimanfaatkan oleh empat karyawannya; Jonal (Verdi Solaiman), Umar (Teuku Rifnu Wikana), Dudun (Alex Abbad), dan Gino (Kiki Narendra). Mereka dendam kepada Satria dan berniat merampok rumahnya ketika si tuan rumah tak ada. Rencana perampokan itu berujung kematian Suzzanna.

Kawanan perampok panik dan mengubur jenazah istri majikannya di belakang rumah. Anehnya, besok hari Suzzanna beraktivitas seperti biasa, seperti tak terjadi apa-apa.

Info Film


 Tanggal Rilis : 15November 2018
 Durasi : 
 Sutradara : Anggy Umbara, Rocky Soraya
 Produser : Sunil Soraya
 Produksi : Soraya Intercine Films
 Distributor : 
 Genre : Horror
 Kelompok Umur  : 13+

Daftar Pemain film Suzzanna Bernapas Dalam Kubur

Teuku Rifnu Wikana sebagai Umar
Verdi Solaiman sebagai Jonal
Alex Abbad sebagai Dudun
Luna Maya sebagai Suzzanna
Herjunot Ali sebagai Satria

 

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here